Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pemanfaatan media manipulatif dari bahan kertas dalam pembelajaran operasi hitung pecahan siswa kelas V SD Negeri 142624 Manambin Kotanopan

Daulay, Asliah (2013) Efektivitas pemanfaatan media manipulatif dari bahan kertas dalam pembelajaran operasi hitung pecahan siswa kelas V SD Negeri 142624 Manambin Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan media manipulatif dari bahan kertas, bagaimana hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran dan pemanfaatan media manipulatif dari bahan kertas lebih efektif dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media manipulatif dari bahan kertas, hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran dan pemanfaatan media manipulatif dari bahan kertas lebih efektif dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan matching pre-test dan post test control group design. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan variansi, dan uji-t. Sampel dalam penelitian ini adalah populasi itu sendiri yaitu siswa kelas V SD Negeri 142624 Manambin Kotanopan yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 21 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis yang telah dihitung menunjukkan bahwa thitung 2,30 > ttabel 1,689 . Dari perhitungan tersebut jelas terlihat penolakan Ho dan penerimaan H1 . Dengan demikian H1 : 1 2 diterima, artinya rata-rata hasil belajar pada materi operasi hitung pecahan yang menggunakan media manipulatif bahan kertas lebih efektif dari rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan media manipulatif bahan kertas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Media Manipulatif; Kertas; Operasi Hitung Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:32
Last Modified: 18 Sep 2020 07:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item