Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan fobia belajar matematika antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan

Hasibuan, Ratna Sari Dewi (2013) Perbedaan fobia belajar matematika antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah matematika merupakan salah satu ilmu bantu yang sangat penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Matematika jugga merupakan sarana berfikir untuk menumbuh kembangkan pola pikir yang logis, sistematis, objektif, kritis dan rasional yang harus dibina semenjak pendidikan dasar. Sayangnya, fenomena yang berkembang dilapangan ternyata banyak siswa yang tidak menggemari matematika bahkan tidak sedikit yang beranggapan matematika itu pelajaran yang mewnakutkan. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah fobia belajar matematika siswa yang berkepribadian ekstrovert di kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan dan Bagaimanakah fobia belajar matematika siswa yang berkepribadian introvert di kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan, Apakah ada perbedaan yang signifikan fobia belajar matematika siswa yang berkepribadian ekstrovert dengan introvert di kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan. Dan yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan fobia belajar matematika antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert di kelas VII SMP Negeri 5 Panyabungan. Desain dalam penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik komparasi, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 69 siswa, instrumen yang digunakan adalah angket dan tes kepribadian. Untuk angket fobia matematika terdiri dari 20 pertanyaan, dan alat tes EPI untuk mengukur tipe kepribadian ekstrovert dan introvert yang terdiri dari 44 pertanyaan. Yaitu dengan kategori tes <16 adalah termasuk dalam kategori ekstrovert dan >11 termasuk dalam introvert. Berdasarkan hasil analisis data variabel fobia belajar dapat disimpulkan adalah berdistribusi normal berdasarkan. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata- rata fobia belajar matematika siswa yang berkepribadian ekstrovert lebih rendah daripada nilai rata-rata fobia belajar matematika siswa yang berkepribadian introvert, yaitu X E = 8,74 dan X I = 12,93. Dengan thitung = 6,4 dan ttabel = 1.669 hasil ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (6,4>1,669) yang berarti terdapat perbedaan antara siswa yang bertipe kepribadian ekstrovert dengan siswa yang berkepribadian introvert pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., MA
Keywords: Fobia Belajar Matematika; Ekstrovert; Introvert
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:23
Last Modified: 18 Sep 2020 07:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item