Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok statistik di kelas XI SMA Negeri 1 Barumun Tengah

Siregar, Sarmina (2013) Pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok statistik di kelas XI SMA Negeri 1 Barumun Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional adalah berusaha meningkatkan pembelajaran yang lebih aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan bermakna. Namun realitanya pembelajaran saat ini masih didominasi pandangan bahwa pengetahuan adalah sebagai fakta untuk dihapal, sehingga tidak mampu mengembangkan penalarannya untuk memahami masalah- maslah dalam matematika terutama pada materi pokok statistik yang menyebabkan hasil belajar masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru dan masih monoton, yang mana akan menimbulkan kejenuhan siswa. Oleh karena itu, salah satu usaha untuk terwujudnya tujuan pendidikan nasional serta meningkatkan hasil belajar siswa dapat digunakan dengan menggunakan pembelajaran Mastery Learning. Dalam penelitian ini dianjurkan suatu permasalahan yaitu apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran mastery learning dengan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok statistik di kelas XI SMA 1 Barumun Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain pre-test-post-test control group. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Barumun Tengah berjumlah 62 orang siswa yang terdiri dua kelas masing-masing 31 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu pre-test dan post-test. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis yang diperol;eh thitung = 4,71 ttabel = 2,00. Dapat diambil kesimpulan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran mastery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok statistik di kelas XI SMA Negeri 1 Barumun Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran Mastery Learning; Statistik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 18 Sep 2020 06:56
Last Modified: 18 Sep 2020 06:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5079

Actions (login required)

View Item View Item