Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan alat peraga balok garis bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas II SD Negeri 200110/15 Padangsidimpuan (studi perbandingan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen)

Juraida, Juraida (2013) Pengaruh penggunaan alat peraga balok garis bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas II SD Negeri 200110/15 Padangsidimpuan (studi perbandingan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 330 0017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam bidang studi matematika. Awal semester 2 tahun pembelajaran 2011/2012 hasil ulangan matematika menunjukkan tingkat penguasaan materi Operasi Hitung tersebut rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran matematika diperlukan adanya penggunaan alat peraga balok. Peneliti perlu melakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Kuantitatif, khususnya mata pelajaran matematika pada materi Bilangan Bulat dengan menggunakan garis bilangan, dengan mengupayakan peningkatan pembelajaran matematika melalui penggunaan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga balok dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan alat peraga balok di kelas II SD Negeri 200110/15 Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan classical experimental design (satu kelompok eksperimen – satu kelompok pembanding). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II yang terdiri dari 3 ruangan dan berjumlah 120 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas, yaitu siswa kelas IIA sebagai kelas ekperimen berjumlah 42 orang dan siswa kelas IIB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes berbentuk pilaihan ganda (multiple choice). Sedangkan tekhnik analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Adapun tekhnik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dua rata-rata, uji perbedaan dua rata-rata dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 2,44 dengan peluang (1-α) = 1- 5% = 0,95% dan dk n1 + n2 – 2 = 42 + 40 -2 = 80, dengan menggunakan rumus interpolasi diperoleh ttabel = 1,67 karena thitung > ttabel maka Ha diterima berarti rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga balok lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa tanpa menggunakan alat peraga balok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di SD Negeri 200110/15 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Replita,M.Si dan Mariam Nasution,M.Pd
Keywords: Alat peraga balok garis bilangan, Hasil belajar, Operasi hitung bilangan bulat
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:36
Last Modified: 21 Sep 2020 07:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item