Harahap, Delima (2018) Pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah penghimpunan dana Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah Berdasarkan data nasabah penghimpunan dana PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, yang menyatakan bahwa dalam pelayanan yang dilakukan pihak PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan sudah bagus. Namun semakin tahun kenaikan jumlah nasabah semakin kecil dibandingkan jumlah nasabah tahun sebelumnya pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah penghimpunan dana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah penghimpunan dana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen pemasaran dan ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pelayanan dan loyalitas nasabah Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data adalah data primer. Tehnik pengumpulan data adalah menggunakan kuesioner, interview dan dokumentasi. Metodologi penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas dan tehnik analisa data meliputi analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji koefisien determinan (R2), analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis yang meliputi uji signifikan parsial (uji t). Proses pengolahan data menggunakan program komputer SPSSversi 22. Hasil dari penelitian ini diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,489 .artinya 48,9% pengaruh yang signifikan variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 51,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan signifikan pelayanan terhadap loyalitas nasabah, yang dibuktikan dengan nilai taraf signifikan > 0,05 yaitu 0,003 > 0,05 dan untuk thitung > ttabel (9,683 > 1,66055) atau Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh dan signifikan pelayanan terhadap loyalitas nasabah penghimpunan dana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pelayanan; Loyalitas nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 06:58 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 01:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/506 |
Actions (login required)
View Item |