Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan TA. 2011 - 2012

Harahap, Nasiah (2012) Pengaruh penggunaan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs. Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan TA. 2011 - 2012. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar bangun ruang sisi datar siswa di kelas VIII MTS.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan TA. 2011-2012. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen dengan desain pre-test – post-test control group design, yakni penelitian yang sistematis logis dan teliti di dalam melakukan kontrol terhadap kondisi untuk melihat pengaruh atau hubungan diantara kedua variabel tersebut. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 95 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster sample atau sampel kelompok. Dan menentukan cluster sample digunakan random sampling. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas yaitu kelas VIIIA dengan jumlah siswa 31 orang (kelas eksprimen) dan VIIIB dengan jumlah siswa 31 orang (kelas kontrol). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah tes yaitu pre test (sebelum diberi perlakuan) dan post test (setelah diberi perlakuan). Analisis data yang digunakan adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan . Jadi Ha diterima yaitu rata-rata hasil belajar bangun ruang sisi datar yang menggunakan metode kerja kelompok lebih baik dari baik rata- rata hasil belajar yang tidak menggunakan metode kerja kelompok. Sehingga disimpulkan, ada pengaruh positif yang signifikan melalui penggunaan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTS Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan TA. 2011-2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Kerja Kelompok; Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:48
Last Modified: 17 Sep 2020 04:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5059

Actions (login required)

View Item View Item