Harahap, Aminah Lesmiati (2012) Peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share kelas VII-1 SMP Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran yang cenderung monoton (berpusat pada guru) membuat siswa kurang mengerti dan kurang berminat mengikuti pembelajaran serta siswa merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran di kelas. Maka yang terjadi di kelas adalah sebagian siswa hanya duduk, diam, mendengarkan dan mencatat materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tanpa berusaha memahami dan mengerti dengan apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menjadikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Dengan penggunaan model pembelajaran ini diharapkan bisa membantu siswa memahami materi bangun datar dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi bangun datar. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas VII-1 SMP Negeri 1Angkola Timur? dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas VII-1 SMP Negeri 1Angkola Timur. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Angkola Timur dengan desain penelitian tindakan kelas jenis kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan bentuk siklus berulang yang di dalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang dilakukan, maka diperoleh peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas VII-1 SMP Negeri 1Angkola Timur pada setiap siklus. Hasil penelitian yang membuktikan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa adalah sebagai berikut: terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas. Dimana pada tes kemampuan awal diperoleh rata-rata kelas yaitu 57,11; rata-rata kelas pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 64,97; rata-rata kelas siklus I pertemuan ke-2 adalah 73,24; rata-rata kelas siklus II pertemuan ke-1 adalah 75,15 dan rata-rata kelas siklus II pertemuan ke-2 adalah 80. Kemudian terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu terdapat 21 orang siswa yang tuntas dengan persentase 61,76 % pada tes kemampuan awal, 24 orang siswa yang tuntas dengan persentase 70,59 % pada tes siklus I pertemuan ke-1, 25 orang siswa yang tuntas dengan persentase 73,53 % pada siklus I pertemuan ke-2, 27 orang siswa yang tuntas dengan persentase 79,41 % pada tes siklus II pertemuan ke-1 dan pada siklus II pertemuan ke-2 terdapat 29 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 85,29 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Samsuddin dan Almira Amir |
Keywords: | Pembelajaran; hasil belajar; matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 04:52 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 04:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5058 |
Actions (login required)
View Item |