Harahap, Jamilah (2012) Hubungan penguasaan operasi hitung bilangan bulat dengan hasil belajar operasi hitung pecahan siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 330 0016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “ Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan operasi hitung bilangan bulat dengan hasil belajar operasi hitung pecahan siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan”. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mengungkapkan dengan jelas apakah terdapat hubung materi pecahan yang signifikan antara penguasaan operasi hitung bilangan bulat dengan hasil belajar materi pecahan siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Hubungan tersebut dapat dilihat dari skor yang diperoleh siswa dalam menjawab instrumen dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan metode deskriptif dan tekhnik pengambilan sampel penelitian memakai tekhnik random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 200 orang, maka sampel yang diambil peneliti adalah 15% dari jumlah populasi yaitu 30 orang. Penelitian ini menggunakan test sebagai instrumen penelitian dalam mengumpulkan data dan analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan operasi hitung bilangan bulat dengan hasil belajar materi pecahan siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Dapat dilihat dari hasil perhitungan product moment dimana rhitung > rtabel yakni 0,87>0,361 dan berdasarkan uji-t diperoleh thitung >ttabel yakni 9,3361>1,697, artinya hipotesis Ha diterima dan hipotesis H0 ditolak. Berdasarkan hasil koefisien determinan diketahui bahwa konstribusi penguasaan operasi hitung bilangan bulat terhadap hasil belajar materi pecahan adalah 75,69% dan sisanya 24,31% ditentukan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Lelya Hilda dan Suparni |
Keywords: | Operasi hitung; bilangan bulat; hasil belajar; bilangan pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 06:53 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 06:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5057 |
Actions (login required)
View Item |