Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan alat peraga sempoa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di SD Negeri 200118 Sadabuan Kota Padangsidimpuan

Lubis, Irma Mahrani (2012) Pengaruh penggunaan alat peraga sempoa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di SD Negeri 200118 Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran kehadiran alat peraga mepunyai arti yang cukup penting. Karena kehadiran alat peraga peserta didik lebih mudah mencerna bahan pelajaran. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga sempoa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di SD Negeri 200118 sadabuan yang telah diuji kenormalannya, homogenitasnya, uji persamaan rata-rata pada pre test dan uji perbedaan dua rata-rata pada pos test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berangkat dari kondisi awal yang sama, yang diketahui setelah diadakan uji normalitas dan homogenitas (hasil pre test) yang menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen. Sebelum diberikan pembelajaran yang berbeda kepada masing-masing kelas, terlebih dahulu diberikan tes awal (pre-test) untuk mengetahui kemampuan awal siswa pada pokok bahasan bilangan bulat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen X2 adalah 62 dan nilai rata-rata pre test siswa kelas kontrol X1 adalah 61,6. Berdasarkan hasil ini dapat dilihat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal siswa. Setelah diketahui kemampuan awal siswa, kemudian dilakukan pembelajaran yang berbeda untuk kedua kelas tersebut. Pada akhir pembelajaran siswa diberikan post-test untuk mengetahui hasil belajar kedua kelas setelah diberikan perlakuan. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas yang diajar melalui penggunaan alat peraga sempoa adalah 82,16 dan nilai ratarata kelas adalah 71,786. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan yang menggunakan alat peraga sempoa dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan alat peraga sempoa. Terlihat bahwa nilai yang diperoleh dengan menggunakan alat peraga sempoa lebih tinggi dari pada tidak menggunakan Setelah dikenakan perlakuan pada kelas eksperimen, kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes hasil belajar. Tes hasil belajar ini telah diujicobakan pada kelas IC yang dihadiri oleh 36 siswa, dan dilakukan analisis validitas, taraf kesukaran butir soal, daya pembeda soal dan reliabilitas soal. Dari perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa tes hasil belajar tersebut valid dan reliabel. Hasil dari tes hasil belajar kedua kelas tersebut dilakukan uji normalitas, uji homogenitas sebagai prasyarat dalam pengujian hipotesis penelitian. Dari perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut normal dan varians homogen. Sehingga digunakan uji t dalam pengujian hipotesis penelitian. Dari perhitungan uji t terlihat bahwa thitung 4,375 > ttabel 1,9997, maka hipotesis penelitian dapat diterima bahwa rata –rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan alat peraga sempoa lebih baik dari pada hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan alat peraga sempoa. Rata-rata hasil belajar matematika dengan menggunakan alat peraga sempoa lebih baik menurut analisa peneliti hal tersebut disebabkan antara lain: 1. Dalam pembelajaran peran guru sebagai fasilitator yang menyediakan fasilitas, motivasi dan situasi pendukung, mengajak siswa untuk lebih bersemangat dan terlibat aktif dalam pembelajaran. 2. Dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sempoa guru membantu siswa yang mengalami kesulitan terhadap pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Thamrin Nasution dan Suparni
Keywords: Alat peraga; hasil belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:08
Last Modified: 17 Sep 2020 07:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5056

Actions (login required)

View Item View Item