Hasibuan, Heppi Sari (2012) Efektivitas penerapan metode permainan berorientasi konstruktivis dalam pembelajaran konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK) di SD Negeri 100750 Bong-Bongan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 330 0014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada materi konsep KPK siswa kelas IV dan V SD Negeri 100750 Bong-bongan disebabkan karena guru dan cara mengajarnya yang tidak sesuai dengan kondisi siswa. Penerapan metode pembelajaran yang dilakukan kurang memberi efektif kepada hasil belajar siswa dalam memahami materi pelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas penerapan metode permainan berorientasi konstruktivis dalam pembelajaran konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK) di SD Negeri 100750 Bong-bongan kabupaten padag lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen yang berdesain pretest-posttest control group design Untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah dirumuskan itu, peneliti melakukan perhitungan dari data-data yang diperoleh. Untuk memperoleh data, informasi dan keterangan tentang variabel dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tes yang mempunyai kevalidan soal 15 butir dari 20. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data instrumen tes dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi biserial. Untuk mengetahui keterkaitan antara variabel yang diteliti, maka dilaksanakan perhitungan uji-t. Berdasarkan hasil belajar pretest diperoleh thitung = 0,45 dengan taraf signifikan 5% serta dk = (n1 + n2 – 2)= (33+33-2)= 64 dan ttabel = 1,66. Karena thitung < t tabel (0,45 < 1,66) maka tidak ada perbedaan rata-rata perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen. Sedangkan hasil belajar posttest diperoleh thitung = 11,10 sementara dari daftar distribusi t diperoleh ttabel = 1,66 dengan peluang (1 - 5%) = 95% dan dk = (n1 + n2 – 2)= (33+33-2)= 64. Karena thitung > t tabel (11,10 >1,66). Hal ini berarti ada perbedaan rata-rata yang disebabkan adanya efektivitas penerapan metode permainan berorientasi konstruktivis dalam pembelajaran konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK) yang berdasarkan perhitungan tersebut. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa hipotesis diterima atau terdapat efektivitas penerapan metode permainan berorientasi konstruktivis dalam pembelajaran konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK) di SD Negeri 100750 Bong-bongan kabupaten padang lawas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Asmadawati dan Suparni |
Keywords: | Metode belajar; hasil belajar; matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 07:15 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 07:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5055 |
Actions (login required)
View Item |