Sakinah, Nur (2011) Penerapan metode bervariasi dalam pembelajaran bidang studi pendidikan agama islam di SMA Negeri 6 padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07300021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (963kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “PENERAPAN METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN” yang mendeskripsikan rumusan masalah dalam penelitian yaitu metode apa saja yang diterapkan guru pendidikan agama Islam, apa kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran bidang studi pendidikan agama Islam, bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran bidang studi pendidikan agama Islam. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang diterapkan dalam pembelajaran bidang studi pendidikan agama Islam, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam penerapan metode bervariasi, untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran bidang studi pendidikan agama Islam. Metodologi penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriftif yaitu ingin memperoleh gambaran apa adanya tentang suatu keadaan pada masa sekarang ini. Kemudian alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Selanjutnya analisis datanya dilakukan dengan cara simultan dengan pengumpulan data, artinya dalam pengumpulan data ini penelitian juga menganalisis data yang diperoleh dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bervariasi dalam pembelajaran bidang studi PAI di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan berjalan dengan baik, karena dengan menggunakan metode bervariasi guru lebih terarah dalam memberikan materi yang akan disampaikan pada bidang studi PAI, sedangkan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran yang bervariasi yaitu latar belakang pendidikan yang berbeda, pengalaman guru yang berbeda, solusi dalam mengantisivasi kendala yang dihadapi guru adalah melaksanakan manejemen keterbukaan, mengadakan latihan-latihan tentang penerapan metode pembelajaran, berdiskusi dengan guru-guru yang lebih paham tentang penerapan metode pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, MA |
Keywords: | Metode Bervariasi Dalam Pembelajaran., Bidang Studi Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 04:15 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 04:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5052 |
Actions (login required)
View Item |