Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran pengenalan pecahan dengan menggunakan alat peraga benda konkret siswa kelas III SD N 200508 Sihitang Padangsidimpuan Tenggara

Harahap, Mulia Hakim (2014) Upaya meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran pengenalan pecahan dengan menggunakan alat peraga benda konkret siswa kelas III SD N 200508 Sihitang Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa dalam pembelajaran pengenalan pecahan, efek dari kurangnya kesadaran guru akan manfaat penggunaan alat peraga benda konkret dan usaha yang dilakukan guru sehingga penggunaan alat peraga benda konkret sangat jarang digunakan, sehingga menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti. Berdasarkan persoalan tersebut dirumuskan masalah secara khusus yaitu “apakah penerapan penggunaan alat peraga benda konkret dalam pembelajaran pengenalan pecahan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan Tenggara?”. Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan alat peraga benda konkret dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SD N 200508 Sihitang Padangsidimpuan Tenggara dalam pembelajaran matematika pada materi mengenal pecahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK/classroom action research) dengan tiga kali pertemuan ( 2 Siklus). Pada siklus I terdiri dua kali pertemuan, sedangkan pada siklus II hanya satu kali pertemuan, yang mencakup perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observating) dan refleksi (reflecting). Hasil refleksi siklus I pertemuan pertama dan pertemuan kedua menjadi bahan acuan untuk melanjutkan siklus II. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan hasil tes kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan alat peraga benda konkret dalam pembelajaran pengenalan pecahahan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan Tenggara. Dengan rincian pada pertemuan pertama (Siklus I) jumlah siswa yang tuntas berjumlah 11 orang atau 39,28% dengan nilai rata-rata 58,928, dan pada peretmuan kedua (Siklus I) jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 18 orang atau 64,28% dengan nilai rata-rata 72,857, sedangkan pada pertemuan ketiga (Siklus II) jumlah siswa yang tuntas terus bertambah menjadi 23 orang atau 82,14% dengan nilai rata-rata 79,285.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Pecahan; Alat peraga benda konkret
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:10
Last Modified: 17 Sep 2020 02:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item