Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi pecahan siswa kelas IV SDN 200404 Pintulangit

Harahap, Indryana Febryanthy (2014) Peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi pecahan siswa kelas IV SDN 200404 Pintulangit. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan matematika pada pembelajaran matematika di kelas. Hal diakibatkan banyak siswa yang tidak memahami materi matematika yang diajarkan terutama jika materi tersebut dihubungkan dengan masalah dunia nyata. Dalam hal ini, siswa sulit untuk menganalisis suatu gambar,grafik, maupun permasalahan matematika. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika di kelas yaitu dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan konteks dunia nyata sebagai titik tolak pembelajaran yang berawal dari matematika informal ke matematika formal (konsep dan algoritma). Sementara itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi pecahan siswa kelas IV SDN 200404 Pintulangit. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 200404 Pintulangit tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 19 siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran , lembar observasi kemampuan komunikasi matematika siswa dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 200404 Pintulangit dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Hal ini terlihat berdasarkan : (a) hasil tes kemampuan komunikasi matematika siswa dimana rata-rata nilai tes meningkat yaitu 62,67 pada tes awal ( menjadi 75,51 pada tes siklus I dan 81,30 pada siklus II dan sebanyak 68,42% atau 13 siswa meningkat hasil tesnya pada siklus I dan sebanyak 84,21 % atau 16 orang siswa meningkat pada siklus II dengan persentase awal adalah 42,11% atau 8 siswa tuntas pada tes awal yang dilakukan. (b) Lembar observasi menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas meningkat dari 27,63% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 40,35 pada pertemuan 2 dan 58,65 % pada pertemuan 3 serta 64,91% pada siklus II pertemuan 1, 73,68 % pada pertemuan 2 dan 82,91% pada pertemuan 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Kemampuan komunikasi matematika; Realistic Mathematic Education (RME); Pecahan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:00
Last Modified: 17 Sep 2020 02:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5049

Actions (login required)

View Item View Item