Harahap, Devi Paujiah (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Halongonan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Halongonan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Halongoan. Penelitian ini dilakukan dikelas VII dengan jumlah 27 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai guru sekaligus sebagai observer. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa maka instrumen yang digunakan yakni observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Aktivitas yang di amati sebanyak 6 butir yaitu: (1) siswa yang aktif memperhatikan atau mendengarkan penjelasan guru; (2) siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran; (3) siswa berani bertanya dan mengeluarkan pendapatnya; (4) siswa mampu menggunakan waktu belajar dengan sebaikbaiknya; (5) siswa aktif mendiskusikan soal-soal yang diberikan guru; (6) siswa dapat menyeesaikan soal-soal aritmatika sosial. Sedangkan untuk melihat hasil belajar siswa peneliti memberikan 5 butir soal berbentuk esay. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial meningkat melalui model pembelajaran Role Playing. Ini dapat dilihat dari aktivitas dan nilai siswa sebelum siklus dan setelah siklus. Sebelum siklus peneliti memberikan soal 3 butir dan hanya 9 orang yang memenuhi standar kelulusan pada materi aritmatika sosial dengan nilai 75 keatas, dengan persentase ketuntasan 33,33%. Setelah siklus hasil belajar siswa jauh meningkat. Pada lembar aktivitas belajar siswa diperoleh (1) siswa yang aktif memperhatikan atau mendengarkan penjelasan guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 74%, pertemuan ke-2 sebesar 82%, siklus II pertemuan 1 sebesar 89%, pertemuan 2 sebesar 93%; (2) siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 sebesar 67%, pertemuan 2 sebesar 74%, siklus II pertemuan 1 sebesar 82%, pertemuan 2 sebesar 85%; (3) siswa berani bertanya dan mengeluarkan pendapatnya pada siklus I pertemuan 1 sebesar 48%, pertemuan 2 sebesar 63%, siklus II pertemuan 1 sebesar 74%, pertemuan 2 sebesar 78%; (4) siswa mampu menggunakan waktu belajar dengan sebaik-baiknya pada siklus I pertemuan 1 sebesar 56%, pertemuan 2 sebesar 70%, pada siklus II pertemuan 1 sebesar 74%, pertemuan 2 sebesar 85%; (5) siswa aktif mendiskusikan soal-soal yang diberikan guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 48%, pertemuan 2 sebesar 59%, pada siklus II pertemuan 1 sebesar74%, pertemuan 2 sebesar 89%, Sedangkan hasil dari lembar tes siswa diperoleh (6) siswa dapat menyelesaikan soalsoal aritmatika sosial pada siklus I pertemuan 1 sebesar 48% (13 orang tuntas), pertemuan 2 sebesar 67% (18 orang tuntas), pada siklus II pertemuan 1 82% (22 orang tuntas), pertemuan 2 sebesar 93% (25 orang tuntas) dari jumlah siswa 27 orang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Role Playing; Aritmatika sosial |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 01:54 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 01:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5048 |
Actions (login required)
View Item |