Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 9-13

Salbiah, Siti (2014) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 9-13. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0247.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skirpsi ini merupakan sebuah kajian terhadap surat Al-Hujurat ayat 9-13. Aspek yang dikaji adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam alqur’an surah al-hujurat ayat 9-13. Sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Nilai –nilai apa sajakah yang terkandung dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 9 – 13 dan Bagaimana konseptualisasi nilai-nilai dimaksud dalam konteks pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah Berguna untuk memperoleh pengetahuan teoritis dan praktis tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Al-Qur’an surat AlHujurat ayat 9 – 13. Penelitian ini bersifat library research, yakni penelaahan terhadap beberapa literatur atau karya-karya ilmiah yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Penelitian ini merupakan penelitian tafsir, yaitu mencari tafsiran dari nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 9-13. Dengan demikian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tahlily dan metode analisis pemaknaan. Dari pembahasan yang dilakukan dalam skripsi ini, dapat diambil kesimpulan bahwa penafsiran surah Al-Hujurat ayat 9-13 adalah tentang pendidikan karakter. Dimana dalam ayat tersebut menjelaskan tentang karakter yang baik dan karakter buruk. Adapun nilai karakter yang baik dalam surah al-hujurat ini adalah islah, persaudaraaan, keadilan, takwa, saling kenal mengenal. Sedangkan karakter buruk yang terdapat dalam surah Al-Hujurat adalah tazkiyatunnafs (larangan menghina, menggunjing, berburuk sangka dll). Adapun konseptualisasi nilai-nilai yang terkandung dalam surah al-hujurat ayat 9-13 ada tiga aspek, pertama. Pada aspek kurikulum perlu diterapkan nilai-nilai yang baik dan menjauhi akhlak tercela, kedua. PBM yang diterapkan adalah pada tahap membuka pelajaran dengan memimpin siswa membaca basmalah dan berdoa demi kelancaran dalam PBM. pada tahap pelaksanaan pembelajaran. Seorang guru harus memandang siswa dalam kesetaraan, pada tahap menutup pelajaran. Memberikan arahan-arahan yang baik kepada muridnya, yaitu Menjauhi perbuatan yang dilarang oleh aturan norma agama. pada aspek kehidupan sekolah yang harus diterapkan adalah menjangkau wilayah emosi dan kebiasaan diri. Dalam kehidupan sekolah, jarus menanamkan dan membiasakan nilai-nilai karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Nurfin Sihotang, M.A. Ph.D dan Anhar, M.A
Keywords: Pendidikan karakter; Al-Qur’an; Surah Al-Hujurat ayat 9-13
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 17 Sep 2020 01:36
Last Modified: 17 Sep 2020 01:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item