Pulungan, Sri Wahyuni (2014) Hubungan penguasaan konsep pecahan dengan kemampuan menyelesaikan pembagian warisan pada siswa kelas XI Pesantren Al-Azhar Bi ’Ibadillah Desa Ujung Gading. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0032(1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan siswa menyelesaikan pembagian warisan namun pada penguasaan konsep pecahan menunjukkan prestasi yang tinggi. Hal ini disebabkan karena rendahnya penguasaan konsep pecahan sebagai materi prasyarat sebelum mempelajari warisan, sehingga siswa kurang mampu mengerjakan prosedur yang ada pada materi warisan tersebut. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep pecahan dengan kemampuan menyelesaikan pembagian warisan pada siswa kelas XI Pesantren Al-azhar Bi ‘Ibadillah desa Ujung Gading?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kedua variabel tersebut di mana penguasaan konsep pecahan sebagai variabel X dan kemampuan menyelesaikan pembagian warisan sebagai variabel Y. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai hubungan penguasaan konsep pecahan dengan kemampuan menyelesaikan pembagian warisan pada siswa kelas XI Pesantren Al-Azhar Bi’ Ibadillah desa Ujung Gading. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 30 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan test sebagai instrumen penelitian dalam mengumpulkan data dan analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penguasaan konsep pecahan (X) memiliki rata-rata sebesar 71,03, dan nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan pembagian warisan (Y) memiliki rata-rata sebesar 66,13. Sebelum pengujian hipotesis dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisa. Kemudian hasil analisis statistik untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan diperoleh thitung sebesar 6,652. Apabila thitung dibandingkan pada ttabel sebesar 2,045 dengan kriteria bahwa hipotesis (Ha) diterima jika thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel, sehingga hipotesis (Ha) diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep pecahan dengan kemampuan menyelesaikan pembagian warisan pada siswa kelas XI Pesantren Al-Azhar Bi ‘Ibadillah desa Ujung Gading.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nur Azizah,M.A dan Almira Amir,M.Si |
Keywords: | Konsep pecahan, Pembagian warisan |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 01:34 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 01:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5045 |
Actions (login required)
View Item |