Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II-B SD N 200208 Padangsidimpuan

Sofiyah, Khotna (2014) Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II-B SD N 200208 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berhitung perkalian matematika siswa kelas II-B SD N 200208 Padangsidimpuan, berdasarkan data awal rendah. Saat proses pembelajaran materi perkalian, guru hanya menyuruh siswa menghafal ataupun menggunakan perkalian berulang. Pembelajaran dengan metode hafalan hanya akan membebani memori otak anak, karena daya ingat anak-anak terbatas, sementara dengan menggunakan penjumlahan berulang membutuhkan waktu yang lama, sehingga kemungkinan akan terjadi kesalahan penjumlahan. Berdasarkan latar belakang di atas, diadakannya penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dengan menggunakan metode jarimatika pada siswa kelas II-B SD N 200208 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan guna melatih kecepatan siswa dalam berhitung serta memberikan kemudahan siswa dalam menyelesaikan soal khususnya dalam materi perkalian. Jarimatika adalah cara hitung-menghitung dengan menggunakan fungsi jari sebagai alat bantu mengoperasikan operasi hitung, kali–bagi–tambah–kurang. Untuk mempermudah proses pembelajaran materi perkalian dengan metode jarimatika, maka dalam penelitian ini digunakan perkalian dengan metode Musser serta Kolpas dan Rendtorff. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Dalam tiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II-B SD N 200208 Padangsidimpuan, sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dengan mencari nilai rata-rata siswa dengan teknik persentase. Dari penelitian dan hasil pelaksanaan tindakan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung perkalian dengan menerapkan metode jarimatika. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan berhitung perkalian siswa sebelum dan sesudah diberikannya tindakan. Pada siklus I ada peningkatan untuk kemampuan berhitung perkalian dari siswa yang sudah tuntas belajar sebanyak 46,43% menjadi 60,71%. Pada siklus II juga ada peningkatan kemampuan perkalian dari 60,71% menjadi 82,14% siswa yang tuntas. Ini berarti bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II-B SD N 200208 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Erawadi,M.Ag dan Almira Amir,M.Si
Keywords: Metode jarimatika, Kemampuan berhitung perkalian
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 16 Sep 2020 08:52
Last Modified: 16 Sep 2020 08:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5029

Actions (login required)

View Item View Item