Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan penguasaan konsep operasi hitung bentuk aljabar dengan hasil belajar pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs N 2 Padangsidimpuan

Hasibuan, Nur Maya Sari (2014) Hubungan penguasaan konsep operasi hitung bentuk aljabar dengan hasil belajar pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Matematika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang konsepkonsep yang terstruktur dan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Sama halnya dalam mempelajari materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) diharapkan siswa harus menguasai materi tentang operasi hitung bentuk aljabar. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), yang dikarena siswa tidak mampu menguasai materi operasi hitung bentuk aljabar, karena dalam soal materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) didalamnya terdapat tentang operasi hitung bentuk aljabar dalam mencari himpunan penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep operasi hitung bentuk aljabar dengan hasil belajar pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs N 2 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang digunakan untuk kedua variabel adalah tes objektif bentuk pilihan ganda dengan dengan empat alternatif jawaban. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII MTs N 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 149 siswa. Kemudian, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling (sampel acak sederhana) dimana setiap populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Sampel penelitian diperoleh dari 20% dari tiap populasi kelas, maka diperoleh sampel sebesar 30 siswa. Pengumpulan data dianalisis dengan dua tahap. Tahap pertama, analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran secara singkat, teratur dan jelas mengenai mean, median, modus, distribusi frekuensi dan histogram dari variabelvariabel penelitian. Sedangkan tahap kedua, analisis inferensial bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan rumus product moment (untuk mengetahui besarnya hubungan variabel X dengan variabel Y) pada interval kepercayaan 95% serta rumus uji t (untuk uji signifikan variabel penelitian) pada taraf signikan 5%. Berdasarkan uji hipotesis dengan rumus product moment diperoleh rhitung = 0,604 > rtabel = 0,361 dalam kategori kuat. Sedangkan untuk uji t , diperoleh nilai thitung = 4,01 > ttabel = 2,048 maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel sehingga hipotesis diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep operasi hitung bentuk aljabar dengan hasil belajar pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs N 2 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis,S.E.,M.Si dan Mariam Nasution,M.Pd
Keywords: Operasi hitung, Hasil belajar, Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 16 Sep 2020 08:40
Last Modified: 16 Sep 2020 08:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5026

Actions (login required)

View Item View Item