Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi pembelajaran Bamboo Dancing terhadap hasil belajar pokok bahasan operasi pada bilangan pecahan siswa kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan

Siregar, Nuraliah (2014) Pengaruh strategi pembelajaran Bamboo Dancing terhadap hasil belajar pokok bahasan operasi pada bilangan pecahan siswa kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa khususnya pokok bahasan operasi pada bilangan pecahan siswa kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar Pokok Bahasan Operasi Pada Bilangan Pecahan Siswa Kelas V SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar Pokok Bahasan Operasi Pada Bilangan Pecahan Siswa Kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang berdesain non randomized pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 3 kelas yaitu VA, VB dan VC yang berjumlah 76 orang. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah setiap kelas 26 (dua puluh enam) orang siswa-siswi SDN 200508 Padangsidimpuan. Dan instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes, sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 14,45, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,0105. Sehingga didapatkan thitung > ttabel (14,45 > 2,0105), artinya hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi bamboo dancing terhadap hasil belajar pokok bahasan operasi pada bilangan pecahan siswa kelas V SDN 200508 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag dan Suparni,S.Si,M.Pd
Keywords: Bamboo Dancing, Hasil belajar pokok bahasan operasi pada bilangan pecahan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 16 Sep 2020 08:31
Last Modified: 16 Sep 2020 08:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5025

Actions (login required)

View Item View Item