Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan himpunan kelas VII-2 SMP N 11 Padangsidimpuan

Harahap, Ernawati Sari (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan himpunan kelas VII-2 SMP N 11 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pada saat peneliti melakukan wawancara dengan salah satu guru matematika di SMP N 11 Padangsidimpuan, diperoleh informasi bahwa hampir semua pokok bahasan matematika sulit bagi siswa tanpa terkecuali pokok bahasan himpunan. Selain itu, masih rendahnya aktivitas siswa selama pembelajaran dan hasil belajar siswa yang juga masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah proses pembelajaran yang dilakukan guru selama ini cenderung satu arah, monoton, dan kurang memotivasi siswa dalam belajar, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, guru perlu melakukan perubahan/inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang membawa suasana kelas lebih interaktif dan memotivasi siswa dalam belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan himpunan kelas VII-2 SMP N 11 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan kelas VII-2 SMP N 11 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan kolaborasi bersama guru mata pelajaran. Peneliti sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 11 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian yaitu siswa-siswa kelas VII-2 yang berjumlah 31 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini ada 2 yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan teknik persentase. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan himpunan kelas VII-2 SMP N 11 Padangsidimpuan. Dari hasil penelitian terhadap indikator aktivitas belajar siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa seperti: 1) aktivitas memperhatikan penjelasan guru saat menyampaikan materi sebesar 79,03%. 2) aktivitas mendengarkan arahan guru sebesar 77,42%. 3) aktivitas bertanya selama proses pembelajaran sebesar 66,12%. 4) aktivitas menanggapi pertanyaan guru ataupun menanggapi kelompok pada saat diskusi sebesar 38,7%. 5) aktivitas mengerjakan LKS sebesar 75,8%. 6) aktivitas membantu temannya yang kesulitan dalam kelompok sebesar 54,84%. 7) aktivitas memberikan pendapat mengenai solusi dari masalah yang diberikan guru dalam LKS sebesar 46,77%. 8) aktivitas antusias dalam diskusi sebesar 72,58%. Pada siklus 2 diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa seperti: 1) aktivitas memperhatikan penjelasan guru saat menyampaikan materi sebesar 87,09%. 2) aktivitas mendengarkan arahan guru sebesar 87,09%. 3) aktivitas bertanya selama proses pembelajaran sebesar 77,42%. 4) aktivitas menanggapi pertanyaan guru ataupun menanggapi kelompok pada saat diskusi sebesar 45,16%. 5) aktivitas mengerjakan LKS sebesar 100%. 6) aktivitas membantu temannya yang kesulitan dalam kelompok sebesar 70,96%. 7) aktivitas memberikan pendapat mengenai solusi dari masalah yang diberikan guru dalam LKS sebesar 63,21%. 8) aktivitas antusias dalam diskusi sebesar 90,32%. Selain itu, hasil belajar matematika siswa pada tiap pertemuan dalam tiap siklus mengalami peningkatan yaitu: pada siklus 1 yaitu pada pertemuan ke-1 dan 2, persentase ketuntasan klasikal siswa secara berturut-turut sebesar 54,84% dan 64,52%, sedangkan pada siklus 2 yaitu pada pertemuan ke-1 dan 2, persentase ketuntasan klasikal siswa secara berturut-turut sebesar 74,19% dan 80,64%. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan himpunan kelas VII-2 SMP N 11 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asnah dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: numbered heads together; meningkatkan aktivitas
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:23
Last Modified: 16 Sep 2020 04:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5024

Actions (login required)

View Item View Item