Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan pendekatan resource based learning pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII1 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Saima, Yusda Herawati (2014) Upaya meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan pendekatan resource based learning pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII1 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas VIII1menunjukkan masih banyak siswa yang kurang aktif, kreatif dan tidak mandiri. Salah satu penyebab kurangnya kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika adalah sistem belajar yang sifatnya klasikal dan konvensional yaitu pembelajaran yang berpusatpada guruselain itu kebiasaan siswa dalam pembelajaran matematika sering meniru tugas teman, tidak ada keinginan mencari materi dari sumber lain serta kurang mengeluarkan pendapat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan Resource Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII1 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan pendekatan Resource Based Learning pada pokok bahasan ligkaran di kelas VIIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan yang beralamat di Jl,Tengku Rizal Nurdin, Km.8 Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2013- 2014 yang terdiri dari2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIIyang berjumlah 32orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang di dukung dengan angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil observasi kreativitas siswa dengan penerapan pendekatanResource Based Learning pada siklus I pertemuan ke-1 kreativitas siswa masih rendah yaitu rata-rata 43.6% kemudian pada pertemuan ke-2 meningkat yaitu 64.2% peningkatan ini masih jauh dari apa yang diharapkan sehingga peneliti harus melanjutkan penelitian ke siklus II. Pada siklus II pertemuan ke-3 kreativitas siswa menjadi 74.3% kemudian pada pertemuan ke-4 yaitu 85.4%. Sedangkan hasil angket pada siklus I dengan ratarata 66% dan pada siklus II menjadi 80%. Berdasarkan hasil observasi yang didukung oleh angket dan wawancara dapat disimpulkan penerapan pendekatan Resource Based Learning berhasilmeningkatkan kreativitas siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lelya Hilda dan Almira Amir
Keywords: kreativitas; resource based learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:13
Last Modified: 16 Sep 2020 04:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item