Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode gal’perin sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan kemampuan belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas vii MTs Negeri Batang Toru

Siregar, Zul Fadly (2013) Penerapan metode gal’perin sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan kemampuan belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas vii MTs Negeri Batang Toru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (778kB)

Abstract

Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah rendahnya aktivitas dan kamampuan belajarmatematika siswa kelas VII MTs Negeri Batang Toru. Siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal matematika khususnya pada pokok bahasan pecahan. Ini disebabkan karena kurang sesuainya model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang disampaikan. Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menghadapi masalah yang dihadapi siswa, maka sebagai upaya peningkatan kreativitas dan kemampuan belajar siswa, peneliti menggunakan metode Gal’perin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan belajar siswa melalui metode Gal’perin di kelas VII MTs Negeri Batang Toru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling. Jadi, subjek yang diambil sebanyak satu kelas, yaitu kelas VII-3, Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah lembar observasi siswa dan tes yang berbentuk essay sebanyak 5 soal.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat pada setiap pertemuan dan hasil tes siklus I nilai rata-rata siswa adalah 68,28 dengan persentase ketuntasan 48,78%, sedangkan hasil tes siklus II nilai ratarata siswa adalah 79,02 dengan persentase ketuntasan 87,80%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Gal’perin dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan balajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada pokok bahasan pecahan di kelas VII MTs Negeri Batang Toru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Metode Gal’perin; Meningkatkan Aktivitas; Kemampuan Belajar Matematika Siswa; Pokok Bahasan Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:42
Last Modified: 16 Sep 2020 04:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5012

Actions (login required)

View Item View Item