Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran dan keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas ix MTs Al-Mukhtariyah Gunung Raya Kecamatan Portibi

Harahap, Siti Hardina (2015) Pengaruh keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran dan keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas ix MTs Al-Mukhtariyah Gunung Raya Kecamatan Portibi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
103300033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih rendahnya motivasi belajar matematika siswa di kelas IX MTs Al-Mukhtariyah Gunung Raya kecamatan Portibi. Permasalahan utama yang dibahas di dalam skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas IX MTs Al-Mukhtariyah Gunung Raya Kecamatan Portibi, apakah terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas IX MTs Al-Mukhtariyah Gunung Raya Kecamatan Portibi, dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran dan keterampilan memberikan penguatan secara bersama-sama tehadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas IX MTs Al-Mukhtariyah Gunung Raya Kecamatan Portibi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar matematika, keterampilan memberikan penguatan terhadap motivasi belajar matematika, dan keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran dan keterampilam memberikan penguatan secara bersama-sama terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas IX MTs Al-Mukhtariyah Gunung Raya Kecamatan Portibi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket dan wawancara terhadap ketiga variabel, dengan jumlah sampel 60 orang yang diambil dari populasi yang berjumlah 60 orang. Karena subjeknya kurang dari 100 sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini dianalisa dengan menggunakan rumus korelasi product momen, korelasi ganda dan regresi ganda, kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan secara bersamaan dengan menggunakan rumus F untuk melihat sejauh mana pengaruh ketiga variabel tersebut. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Keterampilan Guru; Menjelaskan Pelajaran; Keterampilan Memberikan Penguatan; Motivasi Belajar Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:50
Last Modified: 16 Sep 2020 02:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item