Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis disposisi matematis siswa pada pembelajaran matematika kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan

Harahap, Rossa Hadana (2019) Analisis disposisi matematis siswa pada pembelajaran matematika kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah pelajaran yang sangat sulit dirasakan oleh siswa yaitu mata pelajaran matematika karena pada mata pelajaran matematika harus menggunakan analisis yang tinggi sehingga keingintahuan siswa kurang pada mata pelajaran matematika. Kurangnya rasa keingintahuan siswa terhadap matematika, siswa monoton di dalam kelas dan jarang mengkomunikasikan materi yang belum dan sudah dipahami. Kemudian banyaknya persepsi guru dan siswa tentang analisis disposisi matematis siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rasa keingintahuan siswa dalam menjawab pertanyaan dan motivasi dalam bertanya pada hal-hal yang baru.Untuk mengetahui kepercayaan diri siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan guru.Untuk mengetahui ketelitian, kegigihan/keuletan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui metode studi kasus, peneliti berupaya secara seksama mengkaji kasus-kasus tertentu, dengan mempelajari aspek individu, kelompok, dan suatu peristiwa khusus untuk menganalisis secara lengkap, dan secara mendalam tentang subjek yang akan diteliti. Data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Keingintahuan dalam menjawab pertanyaan dan motivasi dalam bertanya pada hal-hal yang baru. “Apabila soalnya mudah maka penyelesaiannya juga mudah bagi siswa, jika soalnya panjang maka susah bagi siswa menyelesaikannya, sebagian siswa hal yang seperti itu adalah tantangan untuk mendapatkan tujuan (hasil akhir). Sistem bertanya dan menjawab lebih aktif pada saat diskusi kelompok”. 2) Kepercayaan diri dalam menyelesaikan masalah matematika. “Dikatakan baik, ketika guru menyuruh untuk maju ke depan untuk menyelesaikan masalah matematika sebagian besar mau mengerjakannya ke depan sebagian lagi takut. Alasannya, takut salah karena apabila salah dapat dipukul dan dimarahi guru”. 3) Ketelitian, kegigihan/keuletan dalam menyelesaikan permasalahan. Banyak diantara siswa kurang teliti dalam menyelesaikan masalah matematika, kebiasaan siswa apabila sudah diselesaikan jawabananya jarang siswa memeriksa kembali jawabannya sehinga banyak yang tidak sesuai jawabannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd
Keywords: Disposisi matematis; Pembelajaran Matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 14 Apr 2020 15:26
Last Modified: 31 Aug 2020 08:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item