Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan siswa dalam menjawab tes materi teorema pythagoras di kelas VIII1 MTs Yayasan Pendidkan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan

Gandisyah, Dewi (2014) Analisis kesulitan siswa dalam menjawab tes materi teorema pythagoras di kelas VIII1 MTs Yayasan Pendidkan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menggunakan teorema Pythagoras dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dan berapa persentase kesulitan siswa dalam menggunakan teorema Pythagoras. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menggunakan teorema Pythagoras , faktor-faktor kesulitan dan untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam menggunakan teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTs Yayasan Pendidikan Karya Setia (YPKS) Padangsidimpuan yang berjumlah 32 orang dimana dalam penentuan sampelnya dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun bentuk-bentuk kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal-soal teorema Pythagoras adalah: tidak memahami langkah-langkah penyelesaian, penyelesaian tidak teliti, ketidakmampuan siswa dalam memahami rumus dengan baik, ketidakmampuan siswa menangkap arti dari setiap simbol atau lambang-lambang, ketidakmampuan siswa dalam mengerjakan soal yang berbeda dari contoh, dan ketidakmampuan siswa dalam mengerjakan soal yang membutuhkan analisis. Faktorfaktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa disebabkan karena siswa kurang banyak latihan dan cenderung hanya mencukupkan materi dan soal yang telah diberikan guru, tidak mengetahui sama sekali cara pengerjaan soal. Sedangkan persentase kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal teorema Pythagoras adalah 48,32 % dimana siswa yang lulus dalam mengerjakan soal yang diberikan adalah 17 orang siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si, M.Pd
Keywords: Kesulitan siswa; Teorema pythagoras
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:10
Last Modified: 15 Sep 2020 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item View Item