Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pandan Nauli Tapanuli Tengah

Tanjung, Sabar (2014) Hubungan penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pandan Nauli Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran matematika berhubungan dengan ide-ide, atau konsep-konsep yang abstrak dan tersusun secara hierarki. Berdasarkan adanya kecemasan para siswa dalam memahami materi. Kecemasan tersebut terjadi ketika siswa mengolah konsep bangun datar ke dalam materi bangun ruang sisi lengkung. Materi Bangun ruang sisi lengkung berhubungan erat dengan konsep bangun datar yang sudah dipelajari sebelumnya, karena tahapan pertama untuk mempelajari bangun ruang sisi lengkung adalah bangun datar, pemahaman konsep bangun datar yang baik akan memudahkan untuk memahami materi bangun ruang sisi lengkung Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung di SMP Negeri 2 Pandan Nauli Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pandan Nauli Tapanuli Tengah. Untuk melihat tingkat penguasaan konsep bangun datar dan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung digunakan analisa deskriptif. Sedangkan untuk melihat hubungan diantara keduanya digunakan korelasi product moment. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang yang diambil dari satu kelompok belajar yang berjumlah tiga kelompok belajar dan pengambilan sampel berdasarkan cluster. Dan selanjutnya instrument yang digunakan dalam pengumpul data dalam penelitian ini adalah tesbentuk multiple choice. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara penguasaaan konsep bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pandan Nauli Tapanuli Tengah adalah “sangat kuat” dengan angka korelasi rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0.901 > 0,339. Untuk r = 0.901 memiliki koefisien determinasii sebesar 81,18 % yang artinya variabel Y sebesar 81,18 % ditentukan oleh variabel X dan 18,82 % ditentukan oleh faktor lain. sedangkan untuk menguji kebenaran hubungan antara keduanya dilakukan uji “t” dengan hasil thitung sebesar 26,78 dan lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,042. Berdasarkan hal tersebut hipotesis yang berbunyi bahwa ada hubungan antara penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pandan Nauli dapat dibuktikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Bangun datar; Bangun ruang sisi lengkung
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:59
Last Modified: 15 Sep 2020 02:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4965

Actions (login required)

View Item View Item