Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode PQ4R dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok aritmatika sosial di kelas VII - 6 SMP Negeri 1 Batang Angkola

Nurjannah, Nurjannah (2014) Penerapan metode PQ4R dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok aritmatika sosial di kelas VII - 6 SMP Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas VII-6 SMP N 1 Batang Angkola pada pokok bahasan Aritmatika Sosial, rumusan masalah adalah apakah penerapan metode PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok aritmatika social di kelas VII-6 SMP N 1 Batang Angkola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mengungkapkan sejauh mana penerapan metode PQ4R dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok aritmatika social di kelas VII-6 SMP N 1 Batang Angkola. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai observer, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa maka instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-6 dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui metode pembelajaran PQ4R terlihat pada aktivitas preview pada siklus I pertemuan 1 sebesar 75%, pertemuan 2 sebesar 88%, siklus II pertemuan I sebesar 92% dan pertemuan 2 sebesar 92%; aktivitas question siklus I pertemuan 1 sebesar 63%, pertemuan 2 sebesar 83%, siklus II pertemuan 1 sebesar 79%, pertemuan 2 sebesar 88%; aktivitas read siklus I pertemuan 1 sebesar 66%, pertemuan 2 sebesar 79%, siklus II pertemuan 1 sebesar 79%, pertemuan 2 sebesar 83%; aktivitas reflec siklus I pertemuan 1 sebesar 75%, pertemuan 2 sebesar 75%, siklus II pertemuan 1 sebesar 79%, pertemuan 2 sebesar 79%; aktivitas recite siklus I pertemuan 1 sebesar 63%, pertemuan 2 sebesar 63%, siklus II pertemuan 1 sebesar 75%, pertemuan 2 sebesar 83%; aktivitas review siklus I pertemuan 1 sebesar 58% pertemuan 2 sebesar 63%, siklus II pertemuan 1 sebesar 75%, pertemuan 2 sebesar 79%. Sedangkan pada hasil lembar tes siswa diperoleh kemampuan awal 253% (6 orang), siklus I pertemuan 1 45,83% (11 orang), Siklus I pertemuan 2 54,17% (13 orang). Siklus II pertemuan 1 66,67% (16 orang) sedangkan pada siklus II pertemuan 2 79,17% (19 orang). Hal ini telah menunjukkan bahwa penelitian ini dapat dihentikan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa lebih besar dari nilai ketuntasan secara klasikal yaitu 79,17% > 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Metode PQ4R; Hasil belajar matematika; Aritmatika sosial
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:51
Last Modified: 15 Sep 2020 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item View Item