Siregar, Dian Nur (2014) Pendidikan seumur hidup menurut konsep Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah menurunnya posisi keluarga sebagai lembaga pendidikan, pergeseran peran remaja dan dewasa serta meningkatnya emansipasi wanita untuk itu pendidikan memerlukan model pelayanan baru, karena pendidikan berlangsung seumur hidup melalui pengalaman-pengalaman yang dijalani dalam kehidupanya. Pendidikan dalam hal ini juga merupakan proses pembentukan kepribadian manusia. Tentunya sebagai suatu proses, pendidikan tidak hanya berlangsung pada suatu saat saja, akan tetapi proses pendidikan berlangsung secara berkelanjutan. Islam banyak mengemukakan ayat dan hadits yang menekankan agar terus belajar secara kontiniu untuk mencapai tujuan hidup manusia, Adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana konsep Islam tentang pendidikan seumur hidup dan tujuan penelitian ini yaitu untuk merumuskan konsep Islam tentang pendidikan seumur hidup. Penulis menggunakan pendekatan penelitian perpustakaan atau library research yaitu penelaahan terhadap al-Qur’an, hadits dan karya ilmiah yang ada di perpustakaan yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas peneliti. Data yang dipakai dalam penelitian ini selain al-Qur’an sendiri sebagai data utama, hadits juga tafsir, buku, hasil pemikiran dan penelitian lainnya yang memiliki relevansi strategis dengan penelitian ini. Dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi) penulis berupaya menemukan konsep pendidikan seumur hidup menurut konsep Islam. Dalam metode ini peneliti mengemukakan ayat, hadits dan pendapat para ahli pendidikan Islam yang berkaitan dengan pendidikan seumur hidup kemudian diberi keterangan dan penjelasan. Pendidikan seumur hidup merupakan suatu konsep tentang pendidikan terus menerus dan berkesinambungan dari masa bayi sampai meninggal dunia, sejalan dengan fase-fase perkembangan manusia. Oleh karena itu setiap fase perkembangan pada masing-masing individu dilalui dengan pendidikan agar dapat memenuhi tugastugas perkembanganya, maka pendidikan itu dimulai dari buaian hingga meninggal dunia atau pada masa bayi, masa kanak-kanak sampai dewasa dan bahkan masa tua hingga akhir hayat. Setelah melakukan penelitian ini diketahui bahwa Islam memberi perhatian yang serius pada pendidikan. Islam sangat menganjurkan kepada umat manusia untuk senantiasa mencari ilmu. Kehidupan tidak berjalan di atas pola tertentu tetapi senantiasa mengalami perubahan. Dengan demikian pendidikan seumur hidup dapat ditinjau dari tujuan penciptaan manusia dan dari segi lembaga pendidikan Islam untuk mewujudkan manusia muslim, mukmin, dan muksin yang taat pada Allah, sebagai akhir dari proses pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Muslim Hasibuan, M.A dan Maslina Daulay, M.A |
Keywords: | Pendidikan Seumur Hidup; Konsep Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 02:21 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 02:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4957 |
Actions (login required)
View Item |