Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar pada bidang studi al-Qur’an-Hadis melalui model pembelajaran Kontekstual di kelas XI MAS H. Ibrahim Gunung Martua Padang Lawas Utara

Siregar, Surianti (2014) Peningkatan hasil belajar pada bidang studi al-Qur’an-Hadis melalui model pembelajaran Kontekstual di kelas XI MAS H. Ibrahim Gunung Martua Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada bidang studi al-Qur’an-Hadis, berefek dari model pembelajaran yang digunakan masih monoton atau seluruh kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru. Sedangkan siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikan guru. Sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan membatasi daya kreativis siswa, keadaan seperti itu dapat menimbulkan kebosanan siswa terhadap pelajaran, dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Melihat fakta tersebut, maka perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Karena pelajaran al-Qur’an-Hadis merupakan pelajaran yang banyak membahas tentang konsep, sehingga perlu dipahami dengan melihat konteksnya, maka model yang tepat menurut penulis adalah pembelajaran Kontekstual (CTL). Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah secara khusus yaitu “Apakah penggunaan model pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada bidang studi al-Qur’an-Hadis di kelas XI MAS H. Ibrahim Gunung Martua Padang Lawas Utara?” Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada bidang studi al-Qur’an-Hadis melalui model pembelajaran Kontekstual di kelas XI MAS H. Ibrahim Gunung Martua Padang Lawas Utara. Adapun jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan tindakan kelas (PTK) dengan tiga kali pertemuan (2 Siklus). Pada siklus I terdiri dua kali pertemuan, sedangkan pada siklus II satu kali pertemuan, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi siklus I pertemuan pertama dan kedua menjadi bahan acuan untuk melanjutkan siklus II. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penulisan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada bidang studi al-Qur’an-Hadis di kelas XI MAS H. Ibrahim Gunung Martua Padang Lawas Utara. Dengan rincian pada pertemuan pertama (Siklus I) jumlah siswa yang tuntas berjumlah 9 orang (45%) dengan nilai rata-rata 71.15 dan pada pertemuan kedua (Siklus I) jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 17 orang (85%) dengan nilai rata-rata 76.65, sedangkan pada pertemuan ketiga (Siklus II) jumlah siswa yang tuntas 20 orang (100%) dengan nilai rata-rata 83.7. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pertemuan pertama aktivitas siswa yang tinggi sebesar 20%, sedang 27% dan rendah 53%, sedangkan pada pertemuan kedua aktivitas yang tinggi sebesar 39%, sedang 37% dan rendah 24%. Dan pada pertemuan ketiga aktivitas yang tinggi sebesar 51%, sedang 39% dan rendah 10%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Hasil Belajar; Bidang Studi Al-Qur’an-Hadis; Model Pembelajaran Kontekstual
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:32
Last Modified: 15 Sep 2020 02:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4956

Actions (login required)

View Item View Item