Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model PAKEM melalui media visual terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas II SD Negeri 200107 Padangsidimpuan

Sari, Meilia (2014) Pengaruh model PAKEM melalui media visual terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat kelas II SD Negeri 200107 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas II SD N 200107 Padangsidimpuan Utara materi operasi hitung bilangan bulat terdapat beberapa masalah diantaranya adalah kurangnya pemahaman siswa dalam memahami operasi hitung bilangan bulat. Dan guru belum sepenuhnya menggunakan media dalam proses belajar mengajar (PBM). oleh karena itu sebagian besar dalam proses pembelajaran matematika siswa banyak pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika. Dengan menggunakan model PAKEM melalui media visual ini minat belajar siswa terhadap pelajaran Matematika dapat lebih baik lagi dari pada sebelumnya. Kemudian anggapan siswa bahwa Matematika itu membosankan dapat berubah menjadi Matematika itu menyenangkan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh kelas II yang terdiri dari 58 orang dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IIa dan kelas IIb. Instrumen penelitian data yang digunakan adalah pre test dan post test, sedangkan teknik analisis instrumen yang digunakan yaitu validitas, taraf kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas soal. Kemudian teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chikuadrat, uji kesamaan rata-rata dan uji-t. Setelah adanya teknik analisis instrumen dari hasil perhitungan r11 ditentukan bila r11> rtabel dengan taraf signifikan 5 % dan hasil menunjukkan 0,660 > 0,361 ternyata tes yang diberikan reliabel. Berdasarkan uji normalitas dan uji honogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh thitung = 4,76dan ttabel= 1,675 ( 4,67> 1,675 ). Jadi Ha diterima yaitu rata-rata skor hasil belajar operasi hitung bilangan bulat melalui media visual lebih tinggi dari pada rat-rata hasil belajar operasi hitung bilangan bulat tidak menggunakan media visual. Sehingga dapat disimpulakan bahwa terdapat Pengaruh Model PAKEM Melalui Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas II SD Negeri 200107 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis dan Mariam Nasution
Keywords: PAKEM; media visual; materi operasi hitung bilangan bulat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:03
Last Modified: 14 Sep 2020 07:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item View Item