Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan minat belajar dan iklim keluarga dengan hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan

Irham, Irham (2014) Hubungan minat belajar dan iklim keluarga dengan hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan. Permasalahan utama yang dibahas di dalam skripsi ini adalah adakah hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan, adakah hubungan iklim keluarga dengan hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan, dan adakah hubungan minat belajar dan iklim keluarga dengan hasil hasil belajar matematika siswa MTsN 2 padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan, dan sejauh mana hubungan iklim keluarga dengan hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis kuantitatif, yakni untuk memberikan gambaran dan sekaligus melihat hubungan diantara tiga variabel tersebut di atas dengan menentukan mean, median, modus dan standar deviasi untuk memberikan penafsiran terhadap sebaran data yang diperoleh dari populasi. Populasi adalah seluruh siswa MTsN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 484 orang, cara pengambilan sampel digunakan random sampling, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang siswa. Teknik pengumpulan data dari lapangan menggunakan angket terhadap minat belajar, iklim keluarga dan hasil belajar siswa menggunakan rapor siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus korelasi ganda dan regresi ganda, kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan antar faktor dengan menggunakan rumus t dan uji signifikan secara bersamaan dengan menggunakan rumus F untuk melihat sejauh mana hubungan ketiga variabel tersebut. Penjaringan data yang dilakukan dengan angket dan rapor siswa tersebut guna mendapatkan data mengenai hubungan minat belajar dan iklim keluarga dengan hasil belajar matematika siswa. Perhitungan terhadap ketiga variabel diperoleh nilai rata-rata variabel X1 (minat belajar) yaitu 54,47 dengan kategori “sedang”, X2 (iklim keluarga) yaitu 54,25 dengan kategori “sedang”, dan variabel Y (hasil belajar matematika siswa) yaitu 83 dengan kategori “sedang”. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa rhitung sebesar 0,298 untuk hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa dimana thitung sebesar 2,217 dan ttabel sebesar 2,012 ternyata thitung > dari ttabel maka dikatakan signifikan , kemudian rhitung sebesar 0,306 untuk hubungan iklim keluarga dengan hasil belajar matematika siswa dimana thitung sebesar 2,181 ternyata thitung > dari ttabel maka dikatakan signifikan, dan selanjutnya secara bersamaan ketiga variabel diperoleh korelasi sebesar 0,39 kemudian Fhitung sebesar 4,03 dan Ftabel 3,20 ternyata Fhitung > dari Ftabel, maka hipotesis diterima / disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan iklim keluarga dengan hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Padangsidimpuan dengan kategori “sedang/cukup”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag.
Keywords: Minat Belajar; Iklim Keluarga; Hasil Belajar Matematika
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:35
Last Modified: 14 Sep 2020 04:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item