Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan metode penyelesaian soal secara sistematis (PS3) dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP N. 8 Padangsidimpuan

Siregar, Nur Afri Awal Jannah (2014) Pengaruh penerapan metode penyelesaian soal secara sistematis (PS3) dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP N. 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya konsep dan aplikasi perhitungan matematika yang rumit membuat peserta didik kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga menimbulkan hasil belajar yang rendah. Selain itu, peranan guru yang kurang optimal dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Oleh karena itu, dibutuhkan guru yang mampu mengelola proses pembelajaran dengan menggunakan metode-metode yang dapat memudahkan peserta didik memahami konsep dan perhitungan matematika serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara Penerapan Metode Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) Dengan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Di Kelas VIII SMP N.8 Padangsidimpuan. Sehingga penelitian ini diharapkan berguna untuk guru, siswa, sekolah, serta pihak lain. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh Penerapan Metode Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) dengan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Lingkaran Di Kelas VIII SMP N.8 Padangsidimpuan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan hasil belajar dan metode penyelesaian soal secara sistematis (ps3) dengan metode ekspositori dan pokok bahasan lingkaran. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksprimen dengan model pretest posttest control grup design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 10 kelas dan berjumlah 292 siswa. Adapun sampel pada penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampel di mana kelas VIII -4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang dan kelas VIII – 7 yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah esay test. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian dari analisis data diperoleh beberapa perhitungan, untuk kelas eksperimen yaitu mean adalah 86, dan untuk kelas kontrol yaitu mean adalah 80. Kemudian berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 5,504 dan ttabel = 2,167,. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa rhitung > rtabel (5,504 > 2,167 ) , maka rata-rata hasil belajar siswa pada materi pokok lingkaran yang menggunakan metode penyelesaian soal secara sistematis (PS3) dengan metode ekspositori lebih baik daripada ratarata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan metode penyelesaian soal secara sistematis (PS3) dengan metode ekspositori. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan penyelesaian soal secara sistematis (PS3) dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lelya Hilda dan Mariam Nasution
Keywords: Metode; proses pembelajaran; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:06
Last Modified: 14 Sep 2020 04:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item