Nasution, Sri Wahyuni (2014) Konsep bilangan rasional dalam Al-Qur’an dan hubungannya dengan nilai-nilai religius. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Ilmu pengetahuan semuanya berasal dari Al-Qur’an, tetapi banyak yang masih meragukan dan bahkan membantah bahwa ilmu pengetahuan dan Kitab Al-Qur’an hubungannya terintegrasi dengan sistematis. Karena masalah ini maka penulis ingin membuktikan hubungan Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan terintegrasi dengan sempurna dengan meneliti “Konsep Bilangan Rasional dalam Al-Qur’an dan Hubungannya dengan Nilai-nilai Religius”. Maka dari masalah tersebut penulis membuat dua rumusan masalah yaitu : bagaimana konsep bilangan rasional dalam Al-Qur’an? dan bagaimana hubungan konsep bilangan rasional dengan nilai-nilai religius?. Tujuan penulis meneliti dari rumusan masalah tersebut yaitu : untuk mengetahui konsep bilangan dalam Al-Qur’an dan untuk mengetahui hubungan konsep bilangan dengan nilai-nilai religius. Kegunaan penelitian bagi lembaga pendidikan Islam dapat dijadikan sebagai sumber pengetahuan dan pegangan, sedangkan bagi tenaga pendidik penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan nilai-nilai kognitif dan nilai-nilai religius anak, dan bagi peserta didik diharapkan dapat meningkatkan rasa bangga dan imannya sebagai muslim serta dapat lebih menyukai matematika, serta bagi peneliti untuk mengetahui konsep bilangan rasional dalam Al-Qur’an dan konsep bilangan rasional pada matematika kontemporer dan hubungannya dengan nilai-nilai religius. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang sistem bilangan rasional pada bidang ilmu matematika, teori-teori keagamaan dan ilmu-ilmu filsafat dan aplikasi teori ilmu ulumul Qur’an sebagai pendukung penelitian penulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Library Research dengan menggunakan pendekatan deskriptif, tafsir maudu’i, berpikir deduktif, berpikir induktif, dan pendekatan filsafat. Hasil-hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwa : konsep bilangan dalam Al-Qur’an juga merupakan konsep bilangan dalam bahasa Arab. Bilangan-bilangan rasional dalam AlQur’an sebagian yang dikaji secara teks, maka dari itu digunakan pemahaman secara konteks misalnya saja dengan penginterpretasian bilangan nol (0) dan konkordansi leksikal matematis yaitu berupa hubungan kata per kata yang ada dalam Al-Qur’an dengan menggunakan kitab AlMu’jam Al-Mufarash. Pada konsep bilangan rasional dalam Al-Qur’an terdapat hubungan yang terbukti terintegrasi dengan sempurna dan terdapat nilai-nilai religius berupa : keyakinan akan adanya Allah SWT, kesadaran diri sebagai hamba Allah, dan rasa syukur akan nikmat Allah. Semua ini untuk menggambarkan kekuasaan Allah SWT dari penjabaran teori-teori yang berkaitan. Hasil pembahasan berupa hubungan bilangan dalam Al-Qur’an dengan nilai-nilai religius yang tampak dari penafsiran kata-kata dari kata “bilangan” hingga penyebutan secara teks bilangan dari bilangan pecahan rasional hingga bilangan yang terbesar yaitu bilangan “100.000” yang diinterpretasikan dalam bentuk indikator nilai religius yaitu : nilai memberi tujuan atau arah nilai memberi aspirasi, nilai mengarahkan seseorang untuk bertingkah laku, nilai itu menarik, nilai mengusik perasaan, dan nilai terkait dengan keyakinan dan kepercayaan. Karena semua kata yang ditafsirkan tersebut dari terjemahan Al-Qur’an semuanya memiliki indikator nilai religius minimal satu indikator maka dapat disimpulkan bahwa konsep bilangan rasional dalam Al-Qur’an memiliki hubungan dengan nilai-nilai religius.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Erawadi dan Suparni |
Keywords: | Bilangan rasional; niali-nilai religius; Al-Qur'an; matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 04:25 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 04:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4943 |
Actions (login required)
View Item |