Nst, Kisma Khairani (2014) Hubungan strategi pembelajaran ekspositori (spe) terhadap motivasi belajar serta interaksi sosial dan komunikasi matematika siswa kelas vii SMP Negeri 1 Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah kurangnya motivasi belajar, interaksi sosial dan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP negeri 1 Siabu, siswa kesulitan berinteraksi sosial dan berkomunikasi pada pelajaran matematika Matematika khususnya kelas VII. Ini disebabkan karena kurangnya motivasi atau pendekatan-pendekatan dalam melaksanakan strategi pembelajaran yang dipilih sebagai fondasi untuk meningkatkan motivasi, interaksi dan komunikasi dalam belajar matematika. Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menghadapi masalah yang dihadapi siswa, maka dalam meningkatkan motivasi belajar, interaksi sosial dan komunikasi matematika siswa, peneliti menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar, interaksi sosial dan komunikasi matematika siswa dapat meningkat melalui strategi pembelajaran ekspositori di kelas VII SMP Negeri 1 Siabu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siabu yang berjumlah 200 orang, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah 25% dari populasi yang berjumlah 52 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian ex post facto, disajikan dalam bentuk deskripsi menggunakan angka-angka statistik.Instrument yang digunakan untuk keempat variabel adalah angket dan tes. Dimana angket itu digunakan untuk variabel strategi pembelajaran ekspositori, motivasi belajar dan interaksi sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 siabu dan tes tersebut untuk variabel komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 siabu. Darihasil penelitian dan analisis data, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa: 1. Tidak ada hubungan yang signifikan (meyakinkan) antara pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siabu. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel(1,4379 ≤1,6775). Dari perhitungan tersebut jelas terlihat penerimaan H1 dan penolakan H0. 2. Ada hubungan yang signifikan (meyakinkan) antara pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori terhadap interaksi sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siabu. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel(6,4596 >1,6775). Dari perhitungan tersebut jelas terlihat penerimaan H1 dan penolakan H0. 3. Tidak ada hubungan yang signifikan (meyakinkan) antara pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori terhadap komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siabu. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel(-0,0841 ≤ 1,6775). Dari perhitungan tersebut jelas terlihat penerimaan H0 dan penolakan H1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Samsuddin, M.Ag dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE); Motivasi Belajar; Interaksi Sosial Dan Komunikasi Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 03:44 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 03:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4939 |
Actions (login required)
View Item |