Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan

Daulay, Fitriani (2014) Pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya siswadi SMP Negeri2 Kotanopan yang memiliki kreativitas yang kurang berkembang dengan baik. rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar dan pembelajaran matematika, metode pembelajaran discovery, kreativitas, dan materi yang diujikan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain matching pre test dan post test control group design. Selanjutnya lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Kotanopan. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Sampel dalam penelitian ini adalah populasi itu sendiri yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 23 kelas eksperimen dan 22 kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh .Karena thitung > ttabel ( ) maka jelas terlihat penolakan H௧௔o −1 ௕ ௘d௟ ௛௜௧௨௡௚an penerimaan H1 . Dengan demikian H1 : 1 2 diterimaݐ, artiny=a rat-6ra,3ta7 k>reݐativita2s, 0b0elajar matematika siswa −ke1la6s, 3V7I>I S2M,00P Negeri 2 Kotanopan. yang menggunakan metode pembelajaran discovery lebih baik daripada rata-rata kreativitas belajar yang tidak menggunakan metode pembelajaran discovery.Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Suparni, S.Si, M.Pd
Keywords: Metode Pembelajaran Discovery; Kreativitas Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:23
Last Modified: 14 Sep 2020 03:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item