Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan students centered learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi peluang di kelas ix MTs N Kase Rao-Rao

Sahneri, Juli (2015) Pengaruh pendekatan students centered learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi peluang di kelas ix MTs N Kase Rao-Rao. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika banyak terdapat materi yang sulit dan sering menimbulkan permasalahan tersendiri bagi siswa sehingga muncul kejenuhan dalam belajar matematika, bahkan minat belajar matimatika siswapun menjadi kurang. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam belajar matematika dan berimbas kepada hasil belajar siswa, selain itu karena kurangnya penerapan strategi atau pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan latar belakang di atas tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan pendekatan Studenst Centered Learning terhadap penalaran matematika siswa pada meteri peluang siswa kelas IX MTsN Kase Rao-Rao Kecamatan Batang Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen dengan desain pretest- posttest control group. Dalam penelitian ini yang menggunakan populasi adalah seluruh siswa kelas IX MTsN Kase Rao-Rao yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu 30 orang di kelas eksprimen dan 30 orang di kelas kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunaka adalah tes yaitu pre-test (sebelum diberikan perlakuan) dan post-test (setelah diberika perlakuan). Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa “ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan pendekatan students centered learning terhadap penalaran matematika siswa pada materi peluang siswa kelas IX MTsN Kase Rao-Rao”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Students Centered Learning; Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:19
Last Modified: 14 Sep 2020 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4935

Actions (login required)

View Item View Item