Harahap, Ardiansyah (2015) Pengaruh model pembelajaran two stay two stray (tsts) terhadap kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan segi empat kelas vii MTs Swasta Baharuddin Batang Angkola Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 330 0081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa MTs Swasta Baharuddin yang tidak berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Dengan kata lain siswa terlahir menjdi siswa yang pasif, yaitu siswa yang hanya tahu duduk diam dan mencatat, tidak mengajukan pertanyaan ketika siswa bisa mengerjakan soal. selain itu peneliti juga ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kreativitas belajar siswa. oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Segi Empat Kelas VII MTs Swasta Baharuddin Batang Angkola Tapanuli Selatan”. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan segi empat, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar dan pembelajaran, model pembelajaran Two Stay Two Stray, kreativitas, dan segi empat. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperien dengan menggunakan model pretest posttest control grup dsign. Popoulasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Swasta Baharuddin yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 40 siswa. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian adalah angket kreatvitas siswa. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung=23,28 dan ttabel= 2,021. karena thitung=23,28 ttabel= 2,021, maka Ha diterima yaitu bahwa rata-rata kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan segi empat dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) lebih baik daripada rata-rata kreativitas belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray, Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan segi empat kelas VII MTs Swasta Baharuddin Batang Angkola Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS); Kreativitas Belajar Siswa; Pokok Bahasan Segi Empat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 03:03 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 03:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4933 |
Actions (login required)
View Item |