Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL STAIN Padangsidimpuan Tahun Akademik 2012/2013 di MTs N 2 Padangsidimpuan

Hasibuan, Pepi Putri Murni (2014) Persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL STAIN Padangsidimpuan Tahun Akademik 2012/2013 di MTs N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dalam skripsi ini adalah pada dasarnya mahasiswa yang melaksanakan PPL masih kurang menguasai keterampilan mengajar, sehingga mengakibatkan siswa tidak fokus atau serius dalam belajar. Disamping itu juga, ketika menjelaskan Mahasiawa PPL hanya memperhatikan siswa yang awalnya pintar, rajin dan rapi. Seharusnya Mahasiswa PPL tidak membeda-bedakan siswa yang pintar, bodoh, rajin, malas, dan lain-lain. Dengan demikian, masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar Mahasiswa PPL STAIN Padangsidimpuan dalam menjelaskan pelajaran di MTs N 2 Padangsidimpuan? Apa kendala yang dihadapi Mahasiswa PPL STAIN Padangsidimpuan dalam menjelaskan pelajaran di MTs N 2 Padangsidimpuan? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar Mahasiswa PPL STAIN Padangsidimpuan dalam menjelaskan pelajaran di MTs N 2 Padangsidimpuan dan untuk mengetahu kendala yang dihadapi Mahasiswa PPL STAIN Padangsidimpuan dalam menjelaskan pelajaran di MTs N 2 Padangsidimpuan. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder. Sumber data primer adalah data pokok. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa yang ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian. Sedangkan sumber data skunder adalah data pelengkap. Yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru pamong dalam pelaksanaan pengalaman lapangan (PPL). Instrumen pengumpulan data, untuk mengumpulkan data yang digunakan adalah wawancara dan angket, wawancara digunakan untuk mendapatkan hasil penelitian. Sedangkan angket untuk memperkuat hasil wawancara menggunakan data dengan 4 rentang jawaban untuk mendukung hasil wawancara. Selanjutnya data yang dikumpulkan diubah dan dianalisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepai siswa terhadap keterampilan mengajar Mahasiswa PPL STAIN Padangsidimpuan dalam menjelaskan pelajaran termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat diketahui dari Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL STAIN Padangsidimpuan dengan persentase bahwa siswa sebanyak 7 orang (23,33%) mengatakan sangat baik, mengatakan baik 16 orang (53,33%), cukup 5 orang (16,66%) dan yang mengatakan kurang baik 2 orang (6,66%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A., dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Persepsi siswa; Keterampilan mengajar mahasiswa PPL STAIN Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 11 Sep 2020 09:25
Last Modified: 11 Sep 2020 09:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item View Item