Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi integrasi pendidikan matematika dengan nilai islam dalam pembentukan karakter peserta didik di SDIT Bunayya Padangsidimpuan

Siregar, Muhammad Akhiruddin (2013) Implementasi integrasi pendidikan matematika dengan nilai islam dalam pembentukan karakter peserta didik di SDIT Bunayya Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pokok permasalahan yang terdapat pada pembahasan skripsi ini adalah apa saja nilai-nilai Islam yang di integrasikan ke dalam Pendidikan Matematika, bagaimana implementasi integrasi Pendidikan Matematika dengan Nilai Islam, apa faktor pendukung dalam mengimplementasikan integrasi Pendidikan Matematika dengan Nilai Islam, dalam pembentukan karakter peserta didik pada materi operasi bilangan bulat dan pecahan di SDIT Bunayya Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Islam yang di integrasikan ke dalam Pendidikan Matematika, implementasi integrasi Pendidikan Matematika dengan Nilai Islam, dan faktor pendukung dalam mengimplementasikan integrasi Pendidikan Matematika dengan Nilai Islam, dalam pembentukan karakter peserta didik pada materi operasi bilangan bulat dan pecahan di SDIT Bunayya Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yakni prosedur penelitian yangmendeskripsikan keadaan sekitar tempat penelitian dengan kata-kata dan menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap informan penelitian. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah berupa reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama,nilai-nilai Islam yang di integrasikan ke dalam Pendidikan Matematikaseperti: nilai kejujuran, Tanggung jawab, suka berbagi, suka bersedekah, Tolong menolong, dan sebagainya yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis.Kedua, implementasi integrasi Pendidikan Matematika dengan Nilai Islam pada materi operasi bilangan bulat dan pecahan adalah pada pembukaan pembelajaran ditandai dengan berdo’a, mengkondisikan mental peserta didik. Kemudian menjelaskan materi operasi bilangan bulat dan pecahan, lalu dipadukan dengan nilai-nilai Islam yang bersumber pada Al-Qur’an dan Hadis untuk membentuk karakter peserta didik.Ketiga, Faktor pendukungnya adalah: keprofesionalan guru, kedekatan hubungan antara guru dengan peserta didik, fasilitas yang memadai,dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah, orang tua peserta didik dan pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Irwan Saleh Dalimunthe,M.A dan Suparni,S.Si.,M.Pd
Keywords: Integrasi pendidikan matematika, Karakter peserta didik
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 11 Sep 2020 08:09
Last Modified: 12 Sep 2020 00:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4923

Actions (login required)

View Item View Item