Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kebijakan-kebijakan pemerintah kota padangsidimpuan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Padangsidimpuan Sebagai Kota Pendidikan.

Fauziah, Fauziah (2012) Kebijakan-kebijakan pemerintah kota padangsidimpuan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Padangsidimpuan Sebagai Kota Pendidikan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073100083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Padangsidimpuan yang memiliki misi untuk mewujudkan Kota Padangsidimpuan sebagai Kota Pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan tentunya hal mendasar yang ditingkatkan yaitu pendidik ataupun guru yang bertanggung jawab dalam memberikan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pemerintah melalui kebijakan-kebijakan yang dibuat dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan di Kota Padangsidimpuan khususnya para guru atau tenaga pengajar sebagai sumber ilmu bagi muridnya ataupun peserta didik. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pemerintah melalui kebijakan-kebijakan yang dibuat dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan di Kota Padangsidimpuan khususnya para guru atau tenaga pengajar sebagai sumber ilmu pada muridmuridnya, untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan-kebijakan pemerintah Kota Padangsidimpuan dalam bidang Pendidikan, serta untuk mengetahui kendala dalam pengimplementasian kebijakan-kebijakan untuk peningkatan mutu Pendidikan di Kota Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data untuk mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara. Observasi ini dilakukan untuk memperkuat data tentang peranan pemerintah/dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Kota Padangsidimpuan. Selanjutnya data yang dikumpulkan diolah dan dianalisa dengan menggunakan nalisis metode penelitian deskriptif dengan menggunakan metode berfikir induktif dan metode berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Pendidikan dinas Kota Padangsidimpuan periode 2010-2014 yaitu meningkatkan jumlah serta kualitas Pendidikan dan tenaga kePendidikan serta meningkatkan mutu Pendidikan dengan kebijakan-kebijakan berupa memfasilitasi KKG (Kelompok Kerja Guru), MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan MKKS (Musyawarah Kepala-Kepala Sekolah), peningkatan kualifikasi non sarjana hingga sarjana, tunjangan tambahan penghasilan guru dan pelatihan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin Pulungan, M.Ag dan Ikhwanuddin Harahap M.Ag
Keywords: Kebijakan-Kebijakan Pemerintah., Meningkatkan Mutu Pendidikan., Kota Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160506 Education Policy
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 11 Sep 2020 06:58
Last Modified: 11 Sep 2020 06:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4915

Actions (login required)

View Item View Item