Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII-F SMP Negeri 1 Angkola Barat

Hasibuan, Risna Erida (2013) Penerapan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII-F SMP Negeri 1 Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang terdapat dalam penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar peserta didik SMP Negeri 1 Angkola Barat. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang guru gunakan. Oleh karena itu, penulis ingin melihat apakah penerapan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan aritmatika sosial. Adapun penelitian ini dilakukan oleh penulis, dengan tujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII-F SMP Negeri 1 Angkola Barat. Metode yang di gunakan oleh penulis dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu dengan menggunakan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan menggunakan dua siklus, sehingga pada setiap tahap dapat dilihat letak peningkatan hasil belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan penulis adalah tes essai. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan metode pemecahan masalah pada pokok bahasan aritmatika sosial meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita di kelas VII-F SMP Negeri 1 Angkola Barat. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata 65,63 dengan persentase 40,63%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 76,88 dengan persentase 75 %. Sehingga dapat dilihat bahwa hasil belajar peserta didik meningkat pada pokok bahasan aritmatika sosial. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita meningkat dengan penerapan metode pemecahan masalah pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII-F SMP Negeri 1 Angkola Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Thamrin Nasution dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: Hasil belajar; pembelajaran; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:05
Last Modified: 11 Sep 2020 04:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item