Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan hasil belajar persamaan garis lurus melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode ekspositoris siswa kelas VII SMP Nurul Ilmi Boarding School Padangsidimpuan

Lubis, Nurcahaya (2012) Perbedaan hasil belajar persamaan garis lurus melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode ekspositoris siswa kelas VII SMP Nurul Ilmi Boarding School Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 330 0065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah suatu kajian tentang perbandingan hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi persamaan garis lurus antara yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode ekspositoris siswa Kelas VII SMP Nurul Ilmi Boarding School Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar persamaan garis lurus antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode ekspositoris di Kelas VII SMP Nurul ‘Ilmi Boarding School Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk komparasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Nurul ‘Ilmi Boarding School Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2011-2012 sebanyak 72, selanjutnya seluruh populasi ditetapkan sebagai sampel. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah tes. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis statistik tes “t. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa ipotesis ang berbunyi: “Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar persamaan garis lurus melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar persamaan garis lurus melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar persamaan garis lurus melalui metode ekspositoris siswa Kelas VII SMP Nurul Ilmi Boarding School Padangsidimpuan (Ha)”, ditolak pada interval kepercayaan 95% karena to lebih lebih kecil daripada tt, yaitu 1,327 < 1,653. Sedangkan hipotesis yang berbunyi “tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar persamaan garis lurus melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar persamaan garis lurus melalui metode ekspositoris siswa Kelas VII SMP Nurul Ilmi Boarding School Padangsidimpuan (H0)”, diterima pada interval kepercayaan 95% karena to lebih lebih kecil daripada tt, yaitu 1,327 < 1,653.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Thamrin Nasution dan Suparni
Keywords: Hasil belajar; pembelajaran; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:23
Last Modified: 11 Sep 2020 04:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item