Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Gultom, Hotnita (2014) Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh masalah yang timbul oleh santri-santriyati seperti tidak bisa menggunakan bahasa arab atau bercakap-cakap diluar sekolah sperti diasrama atau di pondok karena bahasa arab merupakan materi saja dan tidak diterpakan dalam kehidupan sehari-hari oleh santri-santriyati di MAS Pondok Pesantern Al – Anshor. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab serta usaha guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MAS Pondok Pesanteren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di MAS Pondok Pesanteren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Serta apa saja faktor kendala dan usaha guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MAS Pondok Pesanteren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskreftif bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat. Dalam pengumpulan data penulis melakukan observasi di lokasi penelitian dan wawancara dengan informan penelitian. Jadi penelitian ini berupaya mendalami bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di MAS Pondok Pesantren Al-Anshor Manunggang Julu. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MAS Pondok Pesanteren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara adalah dengan cara memadukan dan mengkombinasikan pelaksanaan bahasa Arab dan pembelajaran bahasa Arab. Pelaksanaan bahasa Arab dengan cara membuat kalimat- kalimat atau mufrodat bahasa Arab dan menghafalnya. Sedangkan pembelajaran bahasa Arab menggunakan beberapa metode yang digunakan di MAS Pondok Pesanteren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Faktor kendala pelaksanaan bahasa Arab dan faktor pembelajaran bahasa Arab di MAS Pondok Pesanteren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara adalah kurangnya minat santri- santriwati dalam bahasa Arab dan ada juga rasa bosan dalam mengikuti pelajaran tersebut dan usaha yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab adalah antara lain sebelum pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab yang akan diperlukan pada saat mengajar dan pada saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode yang sesuai materi yang telah ditentukan sedangkan pembelajaran telah selesai guru memberikan tugas kepada santrisantriwati yang akan dikerjakan di asrama baik ia berupa hapalan maupun latihan tertulis. Serta memberikan motivasi terhadap santri- santriwati. iv

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nurfin Sihotang dan Ali Asrun Lubis
Keywords: pendidikan Islam; pesantren; pembelajaran bahasa arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:47
Last Modified: 11 Sep 2020 03:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4896

Actions (login required)

View Item View Item