Sari, Siti Patimah (2014) Penerapan konseling individual dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 310 0090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh masalah yang timbul pada siswa seperti pelanggaran kaidah-kaidah moral (akhlak yang mulia) siswa di sekolah. Guru Bimbingan dan Konseling merupakan seorang yang memiliki (kemampuan) lebih mampu mengimplikasikan nilai relevan yang (dalam pengetahuan itu) yakni sebagai konselor yang patut dijadikan tempat curhat dan meminta bantuan yang selalu bersedia menerima keluh kesah siswa. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana penerapan konseling individual di SMK Negeri 1 Batang Angkola, faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan konseling individual dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Negeri 1 Batang Angkola dan hasil yang dicapai dalam penerapan konseling individual dalam membina akhlak siswa. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konseling individual di SMK Negeri 1 Batang Angkola, faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan konseling individual dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Negeri 1 Batang Angkola dan untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam penerapan konseling individual dalam membina akhlak siswa. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat, fakta dan krakteristik tertentu. Dalam pengumpulan data penulis melakukan observasi di lokasi peelitian, juga melaksanakan wawancara dengan informan penelitian dan dilengkapi dengan dokumentasi dalam penelitian. Jadi, penelitian ini berupa mendalami bagaimana cara penerapan konseling individual dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Penerapan konseling individual di SMK Negeri 1 Batang Angkola belum terlaksana sepenuhnya, karena kerja sama yang kurang baik antara guru bimbingan konseling dengan kepala sekolah dan guru bidang studi lainnya, sebagaimana diketahui bahwa akhlak siswa di SMK Negeri 1 Batang Angkola secara keseluruhan sudah baik, walau masih ditemukan siswa yang melanggar peraturan sekolah. Dalam usaha pembinaan akhlak siswa dengan konseling individual guru bimbingan konseling di SMK Negeri Batang Angkola melakukan langkah-langkah sebagai berikut: memberikan layanan orientasi, memberikan layanan Informasi, memberikan layanan pembelajaran, usaha preventif dan usaha pembinaan akhlak siswa. Berjalannya usaha pembinaan akhlak siswa di SMK Negeri 1 Batang Angkola tidak terlepas dari kendala-kendala yang dihadapi oleh para guru bimbingan dan konseling, yang mana kebanyakan siswa tidak terbuka kepada guru atas permasalahan yang dihadapinya ditambah waktu yang digunakan oleh guru bimbingan konseling pada saat berlanjutnya jam pelajaran, kurangnya kesadaran siswa terhadap bimbingan konseling individual, dan kurangnya guru bimbingan konseling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Maslina Daulay, MA |
Keywords: | Konseling; Konseling Individual |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 03:33 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 03:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4894 |
Actions (login required)
View Item |