Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi tenaga pengajar pendidikan agama Islam di pondok pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok

Pulungan, Nur Amanah (2014) Kompetensi tenaga pengajar pendidikan agama Islam di pondok pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tenaga pengajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok dalam menguasai kompetensi keguruan, sehingga timbul permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana kompetensi paedagogik tenaga pengajar Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok dalam: Kemampuan mengelola pembelajaran, Pemahaman terhadap peserta didik, Perancangan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, Pemanfaatan tekhnologi pembelajaran, Evaluasi hasil belajar, dan Pengembangan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik tenaga pengajar Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok dalam: Kemampuan mengelola pembelajaran, Pemahaman terhadap peserta didik, Perancangan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, Pemanfaatan tekhnologi pembelajaran, Evaluasi hasil belajar, dan Pengembangan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan Dokumen. Analisis data dilaksanakan dengan cara analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Kompetensi paedagogik tenaga pengajar di Pondok Pesantren K.H. Ahmad Dahlan Sipirok dalam: Kemampuan Mengelola Pembelajaran yaitu menggunakan metode pembelajaran bervariasi. Pemahaman terhadap Peserta Didik yaitu memahami latar belakang peserta didik dan dapat mengelompokkannya siswa untuk sebagai pertimbangan dalam pengembangan pembelajaran. Perancangan Pembelajaran yaitu dengan mencantumkan komponen-komponen pembelajaran yang terdiri dari indikator, tujuan pembelajaran, materi standar, metode pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, sumber belajar dan penilaian. Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis yaitu berusaha agar peserta didik aktif dengan memberikan kebebasan dalam mengeluarkan pendapat dan bertanya. Pemanfaat Tekhnologi Pembelajaran yaitu menggunakan fasilitas/media buku paket dan papan tulis dalam pembelajaran, dan sesekali menggunaka leptop dan infokus. Evaluasi Hasil Belajar yaitu dengan menggunakan metode ujian tulisan (ulangan harian dan ulangan semester), ujian lisan, dan praktek. Pengembangan Peserta Didik yaitu kegiatannya bersifat pengembangan peserta didik beragam seperti bela diri, tapak suci, kepanduan hizbul wathan, muhadarah, ta’limul lughoh, pelatihan olah raga, bola volly, sepak bola dan tata boga, nasyid, drum band. kegiatan Bimbingan dan Konseling Pendidikan dilakukan di BP3 dimana setiap murid yang memiliki permasalahan pribadi, sosial, belajar, murid yang nakal akan diproses di tempat tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ichwansyah Tampubolon dan Magdalena
Keywords: pendidikan Islam; tenaga pengajar; pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:22
Last Modified: 11 Sep 2020 03:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4892

Actions (login required)

View Item View Item