Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran accelerated learning melalui pemutaran musik klasik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat kelas IV di SD Negeri No.102020 Sayur Matinggi Aek Garugur

Fitria, Rita (2013) Penerapan model pembelajaran accelerated learning melalui pemutaran musik klasik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat kelas IV di SD Negeri No.102020 Sayur Matinggi Aek Garugur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Pada Penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar maternatika siswa kelas IV SD Negeri No 1020220 Sayur Matinggi Aek Garugu. Siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal matematika khususnya pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Ini disebabkan karena kurang sesuainya model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang disampaikan- Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menghadapi masalah yang dihadapi siswa" lraka sebagai upaya peningkaran aktivitas dan hasil belajars siswa peneliti menggunakan metode Accelerated learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode Accelerated Learning di kelas IV SD Negeri No 102020 Sayur Matinggi Aek Garugu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling. Jadi, sampel yang diambil sebanyak satu kelas yaitu kelas IV, kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah lembar observasi siswa dan tes yang berbentuk essay sebanyak 5 soal. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan, Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat pada setiap pertemuan dan hasil tes siklus I nilai rata-rata siswa adalah 67,33 dengan persentase ketuntasan 50%, sedangkan hasil tes siklus II nilai rata-rata siswa adalah 76,67 dengan persentase ketuntasan 83,33%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan metode Acceleraled Learning dapat meningkalkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajan Matematika pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Accelerated Learning; Musik Klasik; Belajar; Penjumlahan; Pengurangan; Bilangan Bulat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:20
Last Modified: 11 Sep 2020 03:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4891

Actions (login required)

View Item View Item