Hasibuan, Derina (2012) Tingkat pencapaian kurikulum materi pembelajaran akidah akhlak dan problematikanya : studi pada Madrasah Tsanawiyah Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
05310786.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Tingkat Pencapaian Kurikulum Materi Pembelajaran Akidah Akhlak dan Problematikanya (Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Siabu) Tahun 2011. Latar Belakang Penelitian ini adalah tingkat pencapaian kurikulum pembelajaran berupaya mengelola pendidikan untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar yang terfokus pada siswa sebagai objek pendidikan, dalam hal ini siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Siabu pada pembelajaran Akidah Akhlak. Rumusan Masalah adalah Bagaimana tingkat pencapaian kurikulum materi pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Siabu; apa saja problematika dalam pencapaian kurikulum Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Siabu; apa saja usaha guru mengatasi problematika dalam pencapaian kurikulum Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Siabu? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui; tingkat pencapaian kurikulum materi pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Siabu; problematika dalam pencapaian kurikulum Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Siabu; usaha guru mengatasi problematika dalam pencapaian kurikulum Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Siabu Jenis penelitian deskriftip berusaha menggambarkan objek sesuai dengan apa adanya. Data digali dari sumber data primer guru Akidah Akhlak Madarasah Tsanawiyah Negeri Siabu dan sumber data skunder kepala sekolah dan seluruh aspek yang menunjang lancarnya penelitian. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tingkat pencapaian kurikulum Akidah Akhlak di Madarasah Tsanawiyah Negeri Siabu kurang tercapai terlihat dengan kondisi di Madrasah tsanawiyah Negeri Siabu masih terus berusaha mengatasi problematika dalam pencapaian kurikulum Akidah Akhlak yaitu dengan membenahi diri tentang pengetahuan pengembangan materi Akidah Akhlak, mengikuti pelatihan-pelatihan yang membicarakan kurikulum mulai tingkat kabupaten dan propinsi, berusaha menggali sumber materi Akidah Akhlak agar memudahkan penyampaian pengembangan materi Akidah Akhlak. Mengikuti jenjang pendidikan tinggi minimal strata S1. Berusaha menguasai media elektronika untuk dapat diterapkan di sekolah. Memahami kondisi psikis siswa untuk memotivasi siswa belajar tekun dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A. dan Hj. Zuihimma- S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Pencapaian Kurikulum., Pembelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 04:57 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 04:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4879 |
Actions (login required)
View Item |