Sari, Linda Purnama (2014) Pengaruh motivasi intenal terhadap kebiasaan belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul pengaruh motivasi internal terhadap kebiasaan belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keadaan motivasi internal siswa SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Bagaimanakah kebiasaan belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Apakah ada pengaruh yang signifikan motivasi internal terhadap kebiasaan belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui keadaan motivasi internal siswa SMA Negeri 7 Padangsidimpuan untuk belajar pendidikan agama Islam siswa, Untuk mengetahui kebiasaan belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 7 Padangsidimpuan, Untuk mengetahui pengaruh motivasi internal terhadap kebiasaan belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III sebanyak 156 orang dan sample yang diambil 39 orang. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan adalah angket, sedangkan tehnik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakanrumus korelasi Product Moment dan Rumus Regresi. Berdasarkan dari hasil penelitian diketahui bahwa Siswa kelas XII yang berada di SMA Negeri 7 Padangsidimpuan tergolong mempunyai motivasi internal yang sedang terhadap kebiasaan belajar pendidikaan agama Islam. Hal ini dapat dibuktikan dengan motivasi internal siswa kelas XII sebanyak 156 dengan kualitas skor 77,92% sebanyak 30 orang dari sample yang diteliti dengan kategori sedang, dan kebiasaan belajar masuk dalam kategori sedang dilihat dari kualitas skor Kebiasaan belajar yang ada di SMA Negeri 7 Padangsidimpuan memiliki kebiasaan belajar yang sedang terlihat dari kualitas skor sebesar 79,49% sebanyak 31 orang dari sample yang diteliti dengan kategori sedang. Selanjutnya hasil uji hipotesis diperoleh rxy = 0,45 dan uji “t”hitung =3,06 dan “t”tabel dengan menggunakan rumus interpolasi diperoleh 1,687. Terlihat bahwa “t”hitung lebih besar dari “t”tabel maka ada pengaruh yang signifikan antara motivasi internal dengan kabiasaan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafnan dan Agus Salim Lubis |
Keywords: | pendidikan Islam; motivasi intenal |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 03:04 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 03:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4859 |
Actions (login required)
View Item |