Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh interaksi guru dan siswa terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan

Nst, Syahrina Anggaraini Syam (2014) Pengaruh interaksi guru dan siswa terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0166.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan Pengaruh Interaksi Guru Dan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan. Sehubungan dengan itu yang melatar belakangi penelitian ini yaitu dari sebahagian guru yang mengikuti penataran dan pelatihan, tentunya guru sudah banyak dibekali dengan berinteraksi yang baik agar dapat meningkatkan prestasi belajar, namun di sisi lain tidak semua siswa memiliki prestasi yang baik. Penelitian ini memliki tiga rumusan masalah yaitu bagaimana gambaran Interaksi Guru Dan Siswa, bagaimana gambaran prestasi belajar PAI, dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara interaksi guru dan siswa terhadap prestasi belajar PAI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Interaksi Guru Dan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan.” Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 543 siswa/siswi. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 54 siswa/siswi dari 10% kelas XI yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, uji t, regresi linier, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi yang diperoleh -0,059 dengan demikian hubungan antara kedua variabel tidak berpengaruh, yang diuji kesignifikanannya dengan menggunakan uji t yang menghasilkan t sebesar -0,428 di mana thitung<ttabel atau -0.428<2,021. Nilai r2 sebesar 0,00348, menunjukkan bahwa variabel interaksi guru dan siswa mempengaruhi prestasi belajar PAI sebanyak 0,00003 % dan 99,97 % ditentukan oleh faktor-faktor lain. Setiap interaksi guru dan siswa (variabel X) mengakibatkan kenaikan prestasi belajar PAI kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan (variabel Y). Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi Y = 0,5247885 − 1,2238108 X. Uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang menyatakan ada pengaruh di antara keduanya. Maka Ha ditolak sedangkan Ho diterima artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara interaksi guru dan siswa terhadap prestasi belajar PAI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji F, dengan hasil uji F = 0,183 di mana Fhitung<Ftabel atau 0,183<4,03 maka hipotesis ditolak. Dengan demikian tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Interaksi Guru Dan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj.Asfiati,S.Ag.,M.Pd dan Akhiril Pane, S.Ag.,M.Pd
Keywords: Iinteraksi guru, siswa Prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 09 Sep 2020 09:05
Last Modified: 09 Sep 2020 09:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4850

Actions (login required)

View Item View Item