Fahri, Muhammad (2014) Studi pembinaan akhlak murid Madrasah Diniyah Takmiliyah Babul Falah Kelurahan Wek VI Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0148.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peningkatan akhlak yang dilakukan pada masa anak-anak, sehingga peneliti merasa tertarik untuk melaksanakan penelitian dengan judul Studi Pembinaan Akhlak Murid Madrasah Diniyah Takmiliyah Babul Falah Kelurahan Wek VI Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan. Karena akhlak merupakan sifat yang tumbuh menyatu dalam diri seseorang, dari sifat yang ada itulah terpancar sikap dan tingkah laku serta perbuatan seseorang dan sangat penting sekali untuk ditanamkan pada masa kecil. Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi rumusan masalahnya adalah bagaimana kondisi akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Babul Falah?, bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Babul Falah? dan apa kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kualitas akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Babul Falah Kelurahan Wek VI Kecamatan Padangsidimpuan selatan Kota Padangsidimpuan?. Dari itu maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi akhlak peserta didik, dan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas akhlak peserta didik, serta kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kualitas akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Babul Falah Kelurahan Wek VI Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat, fakta dan karakteristik tertentu. dan sumber data dari penelitian ini adalah guru yang mengajar di Madrasah Babul Falah serta murid-murid yang sekolah di madrasah Babul Falah. Hasil dari penelitian ini yaitu kondisi akhlak murid di Madarasah Diniyah Takmiliyah sudah menunjukkan akhlak yang baik walaupun masih ada beberapa murid yang kurang baik akhlaknya. Kemudian upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan akhlak murid adalah dengan membiasakan murid untuk melaksanakan perintah agama seperti shalat, berbicara jujur dan tolong menolong. Adapun hambatan dalam peningkatan akhlak murid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Babul Falah disebabkan oleh faktor keluarga yang kurang memperhatikan serta mengawasi pergaulan murid, faktor yang datang dari murid sendiri, serta faktor pergaulan lingkungan yang kurang baik bagi penanaman nilai-nilai akhlak murid
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nahriyah Fata,S.Ag.,M.Pd dan Risdawati Siregar,S.Ag.,M.Pd |
Keywords: | Pembinaan akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 02:51 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 02:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4846 |
Actions (login required)
View Item |